Pages

Friday, August 19, 2011

PEMBESARAN JANTUNG

Dear Tim Dokter,

Ibu saya, 49 tahun, sudah 2 minggu teakhir merasa sesak nafas terus, akhirnya periksa ke dokter dan dirujuk ke penyakit dalam, dari sana ketauan kalau jantung mama saya mengalami pembesaran (jantung yang sebelah kanan).
Yang saya ingin tanya, apakah ini kondisi yang berbahaya?
Sampai saat ini mama saya masih tersu konsultasi ke dokter spesialis jantung.
Apa yang seharusnya dilakukan, sampai saat ini mama saya hanya diberi obat saja oleh dokternya.
Mohon advicenya, terima kasih sebelumnya.

Regards,
Eka

Jawab :

Tentu saja pembesaran jantung dapat berbahaya apalagi ibu anda telah mngeluh sesak. Langkah yg anda lakukan sudah tepat dengan secara teratur konsultasi ke dokter spesialis jantung. Memang pengobatan diberikan obat minum, namun ada bbrp kondisi yg perlu rawat inap. Mkgn menurut dokter anda, kondisi ibu anda tidak memerlukan rawat inap, cukup dengan obat. Memang terapi tergantung apa yg ditemukan oleh dokter dari pemeriksaan. Jaga pola makan, aktivitas jg jangan terlalu lelah.

dr. Marisa Kusuma

No comments: