Pages

Sunday, September 11, 2011

Analisa telinga saya

dok saya mohon bantuan analisa telinga saya.
saya prast berusia 28 tahun, laki2,
langsung saja dok, telinga kiri saya sudah 1 minggu ini terasa mendenging, awalnya di tempat kerja saya wajib menggunakan earplug bila ada kebisingan alat, nah pada saat earplug itu saya lepas telinga saya rasanya seperti tersumbat,suara diluar terdengar tapi lirih banget.. :(
setelah itu saya mencoba ke klinik rujukan tempat bekerja, kata dokternya memang tersumbat kotoran telinga, terus dikasih obat tetes telinga..
3 hari setelah kunjungan dokter saya kembali untuk kontrol,kata dokter masih ada kotoran tapi sedikit nah tu dokter mengorek2 telinga saya dalam..sakit sekali rasanya meskipun memang ada kotoran yang keluar..
kata dokternya "gapapa tu, besok juga udah sembuh,obatnya ga usah diteteskan lagi"

nah setelah kunjungan kontrol itu sampai sekarang (3harian) telinga saya masih terasa mendenging, suara di luar kedengaran sih tapi lirih dan masih terasa ada yang membuntu gitu.
yang saya tanyakan kira2 apa dok penyakit itu? memang masih ada kotoran atau ada kelainan??
mohon bantuannya ya dok, ni alamat email saya prastika83@yahoo.com
terima kasih dok sebelumnya.

Jawab :

Dari keluhan yg anda rasakan saya dpt mengambil kesimpulan awal bahwa anda menderita suatu gejala keluhan telinga yg disebut dgn tinitus. Tinnitus (telinga mendenging) adalah suara gaduh berasal di dalam telinga melebihi lingkungan sekitar. Tinnitus adalah sebuah gejala dan bukan suatu penyakit tertentu.

Dari cerita pekerjaan yg anda sampaikan kita dpt menganalisa keluhan tinnitus ini terjadi karena anda terlalu srg terpapar suara2 yg keras, dan memang ini adalah salah satu penyebab utama seseorang mengalama tinnitus. Dimana suara keras ini sedikit byk mempengaruhi kondisi syaraf pendengaran anda. Tidak ada pengobatan khusus utk mengatasi keluhan ini. Akan tetapi jauh lbh baik jika anda berkonsultasi lgsg pd dokter ahli THT terdekat.

Dalam banyak kasus, tinnitus adalah hasil dari sesuatu yang tidak dapat dicegah. Namun, menjaga kesehatan Anda dapat membantu mencegah jenis tertentu tinnitus.

1. Gunakan perlindungan pendengaran. Seiring waktu, paparan terhadap suara keras dapat merusak saraf di telinga, menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus. Jika Anda menggunakan gergaji, bekerja di industri yang menggunakan mesin keras atau menggunakan senjata api (terutama pistol atau senapan), selalu memakai perlindungan lbih pada pendengaran telinga.

2. Lindungi telinga Anda dari musik keras. eksposur jangka panjang untuk musik diperkuat tanpa perlindungan telinga atau mendengarkan musik pada volume yang sangat tinggi meskipun headphone - saat menggunakan pemutar MP3, misalnya - dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus.

3. Jagalah kesehatan jantung Anda. Olahraga teratur, makan yang benar dan mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga pembuluh darah Anda yang sehat dapat membantu mencegah tinnitus terkait dengan gangguan pembuluh darah.

dr. wahyu triasmara

2 comments:

mil1 said...

siang dok, mau tanya nih... anak saya umur 1 tahun,sejak umur beberapa bulan suka keluar cairan dari telinga kanannya,itu knapa ya...?? berbahaya ga ya...?pernah diberi obat tetesan ama ibunya cuma masih suka kumat..mohon bantuannya ya.. dok.... terimaksih sebelumnya

nogloNK said...

sore Dok, berapa lama Virus HIV AIDS terdeteksi setelah ML?