Pages

Wednesday, September 14, 2011

Gendang Telinga Pecah, Kuping Selalu Berdengung

Dok, telinga saya gendangnya sudah pecah akibatnya saya selalu merasakan berdengung di kiri kanan telinga. Bagaimana caranya supaya dengungannya hilang? Trimakasih Dok.

Charlie (Pria Menikah, 41 Tahun), charlie@mercubuana.ac.id
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Telinga mendengung memang dapat terjadi bila gendang telinga sudah tidak utuh lagi. Biasanya bila gendang telinga yang pecah berukuran kecil, gejala yang lebih menonjol adalah suara mendengung. Sedangkan bila gendang telinga yang pecah berukuran besar, maka gejala yang menonjol adalah gangguan pendengaran.

Umumnya bila pecahnya gendang telinga akibat adanya trauma dan belum lama terjadi serta tidak ada infeksi pada telinga tengah, maka tubuh kita akan berusaha memperbaiki sendiri dan gendang telinga akan rapat kembali.

Tetapi bila telah berlangsung 2 bulan atau lebih dan telah terdapat jaringan parut pada tepi lubang gendang telinga, maka gendang telinga yang pecah tidak akan kembali baik lagi.

Bila memang telah dipastikan penyebab dari keluhan berdengung adalah pecahnya gendang telinga, dan tidak dapat menutup sendiri, maka dapat dipertimbangkan untuk melakukan operasi penambalan gendang telinga yang pecah (timpanoplasti). Sebaiknya Anda berkonsultasi secara mendalam ke dokter spesialis THT terdekat.

Dr. Agus Subagio, Sp THT

3 comments:

Arts Of Taxes Online said...

UMR Naik? Menyebabkan beban gaji semakin tinggi, laba berkurang, sedangkan Jaringan Usaha masih perlu ditingkatkan begitu juga pengontrolan kegiatan produksi, akibatnya bagian administrasi tidak terkontrol data utama (financial) sebagai pembuat keputusan ekonomi berantakan, terjadi ketimpangan antara kas masuk dan kas keluar, Real beban & pendapatan tidak diketahui. MULAI SEKARANG JANGAN KUATIR!!! karena
“Art Of Taxes Online” bergerak di bidang e-bookeeping services Online.
Produk dari jasa kami nantinya akan menghasilkan efisiensi bagi klien dimana akan memangkas beberapa aktivitas perusahan yang selanjutnya akan menjadi tanggung jawab kami sehingga:
1. Klien tidak perlu membentuk Acounting & Tax divisi
2. Klien tidak perlu invest “human resource”
3. Tidak perlu investasi perangkat lunak
Manfat tersebut berkolerasi langsung dengan adanya efisiensi dan optimalisasi sumberdaya klien untuk dioptimalkan ke fungsi lain terutama marketing & produksi.
Fee yang dibayarkan akan jauh lebih efisien dibanding klien membentuk Divisi Accounting & Tax
INGIN TAHU LEBIH LANJUT SILAHKAN KUNJUNGI :
www.artsoftaxesonline.blogspot.com

arnik said...

met kenal dok..saya seorang ibu 25 tahun mempunyai 1 orang anak. saya mau bertanya anak saya ini mempunyai saluran fistula ditelinga kanan dan kirinya tepatnya berada depan telinga bagian atas..yang saluran sebelahkana dulu sering mengeluarkan cairan kental seperti nanah gitu kalo sianak ini sakit, tapi sudah beberapa bulan belakangan ini gak keluar lagi tapi didepan saluran itu ada benjolannya sempatsaya bawa ke tht sih dan sempat diisisi juga tapi gak kunjung sembuh. karena biaya kontrolnya sangat mahal akhirnya aku putuskan dirawat dirumah, sekarang sudah gak infeksi lagi sih ,tapi setiap menangis terlalu keras maupun kecapaen benjolan itu membesa dan akhirnya meletus sendiri mengeluarkan cairan nanah...nanti kering dan begitu lagi....Mohon penjelasaannya dok krn saat ini saya merasa bingung dan kasihan sama sikecil...mohon bantuannya dok

Unknown said...

Halo Dok,

Mohon dibantu pendapatnya ya Dok. Sebulan yg lalu kami periksakan telinga anak kami karena kotoran telinganya menggumpal sehingga menjadi keras dan tdk dapat dikeluarkan. Akhirnya oleh dokter THT di poli RS, diberikan tetes telinga Forumen, setelah beberapa kali tetes, kami kontrol kembali ke dokter yg sama dan telinga anak saya malah mengeluarkan cairan kental putih yg berbau, oleh dokternya dikatakan itu tdk apa-2. Kami semakin tidak nyaman dengan kondisi telinga anak kami dan kembali kontrol ke dokter poli RS tsb. Pada saat itu disampaikan oleh dokter bahwa ada kemungkinan bahwa gendang telinganya luka karena infeksi yg disebabkan oleh peradangan akibat flu dll sehingga gendang telinganya jebol. KEtika saya tanya apakah bisa sembuh, saya kurang yakin dengan jawaban dokter tersebut yang menginfokan kalau usianya msh balita masih bisa sembuh dan tidak mengeluarkan cairan telinga kembali. Oleh dokter diberikan obat Akilen/Tarivid, Cefat & Rhinos Junior. Mohon informasinya apakah kondisi yg dialami anak saya tersebut bisa disembuhkan ya Dok. Kami sangat prihatin dengan kondisi tersebut ditambah lagi kenyataan bahwa anak lelaki saya ini adalah Down's Syndrome, kasihan saja melihatnya, sudah DS, congekan pula. Mohon sarannya ya Dok. Trims.

RU