Pages

Thursday, March 29, 2012

Persendian Kaku dan Sering Nyeri

Dok saya mau tanya akhir-akhir ini saya suka merasa persendian pada kaku atau linu terutama bagian kaki lutut ke bawah rasanya mudah capek. Tapi kalau saya main bulutangis tidak terasa apa-apa. Minta saran dari dokter untuk penyembuhan dan pencegahannya? Terimakasih.

Agus Santosa (Pria Menikah, 50 Tahun), bimo_why@yahoo.co.id
Tinggi Badan 175 Cm dan Berat Badan 77 Kg


Jawaban

Nyeri lutut dan nyeri tungkai bawah dapat terjadi pada Sdr Agus yang rajin bermain badminton. Bamindton adalah permainan olah raga high impact yang membutuhkan banyak gerakan lompat. Hal tersebut dapat menyebabkan cidera lutut apalagi jika Sdr Agus kurang melakukan pemanasan sebelum bermain.

Dari data BB dan TB Sdr Agus saya menghitung Indeks Massa Tubuh anda 25,1, sudah mulai masuk pada kategori overweight (25,0-29,9). Saran saya, mulailah untuk menurunkan Berat badan dengan olahraga yang tidak terlalu menggunakan gerakan lompat seperti berenang, sepeda atau jalan kaki.

Lakukan peregangan untuk otot2 tungkai sebelum bermain badminton dan lakukan senam untuk memperkuat otot paha depan. Otot paha depan adalah salah satu otot yang mensupport lutut.

Otot yang lemah akan kurang baik untuk men-support atau menyerap benturan yang terjadi saat melompat, sehingga energi benturan tersebut jatuh ke sendi lutut dan dapat menyebabkan cidera lutut.

Dr. Fanny Aliwarga, SpRM

No comments: