Pages

Thursday, April 5, 2012

Kenapa Sering Tiba-tiba Sakit Punggung?

Dok, kenapa saya selalu merasakan sakit di punggung secara tiba-tiba? Apakah kondisi ini berbahaya dan apa yang harus saya lakukan? Mohon jawabannya dok. Terimakasih.

Dewi
(Perempuan Lajang, 28 Tahun), d3wi2010@yahoo.co.id
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 54 Kg

Jawaban
Keluhan nyeri pinggang merupakan salah satu keluhan yang paling sering dijumpai di praktik dokter. Sayangnya, sampai saat ini, masalah nyeri pinggang merupakan masalah yang pelik bagi dokter dan pasien, karena masalah nyeri pinggang ini sangat banyak penyebabnya.

Keluhan nyeri pinggang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Nyeri pinggang jarang sekali disebabkan karena penyakit yang serius, kebanyakan penyebabnya adalah otot atau ligament yang tegang.

Walaupun sebagian besar keluhan nyeri pinggang adalah masalah otot atau ligament, ada juga penyebab nyeri pinggang yang lainnya yang berasal dari saraf, tulang atau diskus (bantalan tulang).

Sebaiknya Dewi memeriksakan diri ke dokter terdekat supaya dapat diketahui penyebab nyeri punggungnya. Dokter akan mengajukan beberapa beberapa pertanyaan dan akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik sehingga dapat ditegakkan penyebab nyeri pinggangnya.

Dr. Fanny Aliwarga, SpRM

No comments: