Pages

Tuesday, June 12, 2012

15 Tahun Takut Bertemu Orang Karena Bau Badan

Dok, saya mempunyai satu masalah yang sangat mengganggu sekali, yaitu takut bau badan (pernah membaca artikel ini di detikcom). Masalah ini sudah sangat mengganggu kehidupan saya, sekarang saya sama sekali tidak mempunyai kehidupan sosial, teman saya cuma 1 - 2 orang.

Saya tidak berani bekerja kantoran, cuma kerja freelance dari internet.
Saya mengidap penyakit ini sudah 15 tahun, saya sangat stres sekali dan sangat suicidal.

Apakah yang bisa saya lakukan untuk mengurangi penyakit saya ini? Yang saya baca dari internet, penyakit ini termasuk langka, apakah di Indonesia ada dokter yang khusus menangani penyakit ini? Tapi saya juga takut kalau dokternya nggak tahan dengan bau badan saya. Terimakasih

Marzuki (Pria Lajang, 37 Tahun), postXXXXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Dear Pak Marzuki,
Masalah Bapak sudah menyebabkan gangguan pada kehidupan sosial dan pekerjaan bapak, jadi sebaiknya harus ditangani, dokter yang menangani yakni dokter jiwa atau psikiater.

Takut dokternya nggak tahan dengan bau badan? Biarkan saja Pak, itu kan risiko dari dokternya, he..he.

Bapak cukup mandi seperti biasa, 2 kali sehari, pakai deodorant seperlunya. Lalu pergi ke dokter, supaya Bapak dapat dibantu untuk menangani masalah ini, 15 tahun itu sudah lama lho Pak.

Sebelum pergi ke psikiater, mungkin Bapak bisa mengumpulkan data-data mengapa Bapak merasa bahwa orang-orang terganggu dengan bau badan bapak. Apakah bapak yakin bahwa mereka itu terganggu? Apakah mungkin bahwa sebenarnya bau badan bapak biasa saja, tidak mengganggu orang lain.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: