Pages

Tuesday, June 12, 2012

Adakah Obat untuk Mencegah Uban di Usia Muda?

Dokter, usia saya baru 21 tahun tapi rambutnya sudah ubanan? Saya sudah coba pakai shampoo, pakai minyak rambut tapi rambut malah kering gatal-gatal dan timbul ubannya. Obat apa Dok yang bisa mencegah uban? Apakah shampoo bikin rambut ubanan? Terimakasih.

Heri Santoso (Pria Lajang, 21 tahun), herry.b2r@gmail.com
Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Rambut beruban memang merupakan masalah, apalagi bila terjadi secara prematur. Penyebab munculnya premature grey hair sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti. Masyarakat awam berpendapat stres merupakan faktor penyebab, namun hal ini tak dapat dibuktikan secara pasti.

Salah satu yang diperkirakan menjadi penyebabnya adalah penurunan jumlah produksi pigmen pada rambut karena faktor genetik. Faktor genetik merupakan penyebab yang saat ini paling dipercaya, karena seringkali terjadi pada satu keluarga.

Penyebab lain adalah penyakit autoimun (imunitas tubuh bereaksi secara negatif melawan sel tubuh sendiri) karena uban ternyata juga sering ditemukan pasien dengan penyakit autoimun, misalnya vitiligo dan penyakit tiroid. Defisiensi vitamin B12 juga diperkirakan berperan pada hal ini.

Selama ini rambut beruban tak dikaitkan dengan penggunaan shampoo tertentu. Beberapa kasus dihubungkan dengan prosedur pewarnaan rambut, bila menggunakan zat dangan kandungan hidrogenperoksida yang bersifat sebagai bleaching agent.

Untuk membuat rambut menjadi lembut, cobalah gunakan shampoo yang mengandung conditioner, dan hindari air hangat atau panas untuk mencuci rambut. Dapat pula dicoba konsumsi vitamin kulit yang mengandung vitamin A, C, E, maupun selenium yang biasanya juga memberikan dampak baik untuk rambut.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: