Pages

Wednesday, June 13, 2012

Kencing Sering Tidak Tuntas

Dok, saya sering kencing dan tidak tuntas serta merasa masih ada air seni di alat kelamin. Tiap 3 jam pasti kencing, apalagi kalau makan-makanan yang berminyak.

Belakangan dalam 3 tahun ini ditambah keluhan kalau sudah makan pingin langsung BAB (buang air besar). Kalau ditahan badan panas, gelisah dan keringat keluar banyak. Penyakit ini mulai dirasakan sejak umur 13 tahun. Penyakit apa ini dok? Bagaimana cara penyembuhannya? Terimakasih banyak dan mohon balasannya.

Erwin (Pria Menikah, 35 Tahun), erwinj75@gmail.com
Tinggi badan 170 cm dan Berat badan 75 kg


Jawaban

Salam Erwin,
Dari kondisi yang Anda ceritakan saya mendapat kesan ada faktor psikis pada keluhan fisik Anda. Pada saat kondisi psikis tidak tenang maka keluhan berkemih dan gangguan buang air besar sering terjadi. Untuk memastikan Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi. Di sini Anda akan diperiksa beberapa kondisi yang dapat membuat berkemih tidak tuntas misalnya pembesaran prostat.

Jika pada pemeriksaan tidak ditemukan kelainan maka ada baiknya Anda menanamkan pada diri bahwa Anda dapat mengontrol fisik Anda. Dimulai dengan melatih kontraksi saluran kemih Anda. Salah satu caranya coba hentikan pengeluaran urine Anda saat sedang berkemih. Kemudian lepaskan lagi. Lakukan beberapa kali sehari.

Saat otot sphincter yang menutup saluran kencing sudah terlatih, maka perlahan keluhan ini akan menghilang. Saran saya yang lain adalah hilangkan rasa cemas akan berkemih dan buang air besar ini. Sebab semakin Anda cemas, semakin mudah terjadi kontraksi yang selanjutnya membuat Anda ingin buang air besar. Semoga bermanfaat.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: