Wednesday, June 13, 2012

Pergelangan Tangan Nyeri Jika Musim Dingin

Dok, setiap menghadapi musim dingin, pergelangan tangan saya sering sakit, seperti sakit pada persendiannya. Apa ini asam urat, dok? Mohon keterangan dokter beserta obatnya tentang penyakit ini. Atas penjelasannya saya ucapkan banyak terimakasih.

B (Perempuan, 32 Tahun), Hong Kong

Jawaban

Dari petunjuk kunci 'setiap menghadapi musim dingin, pergelangan tangan saya sering sakit, seperti sakit pada persendiannya', jelaslah bahwa itu merupakan suatu artralgia (nyeri sendi).

Di dalam ilmu kedokteran, keluhan nyeri sendi ini belum khas, tidak spesifik, alias memiliki banyak sekali kemungkinan atau diagnosis bandingnya. Nah, beberapa kemungkinan diagnosis banding itu antara lain:

1. Rheumatoid arthritis
2. Penyakit jaringan konektif lainnya (misalnya: systemic lupus erythematosus atau SLE, systemic sclerosis, spondyloarthropathies)
3. Reactive arthritis (misalnya enteropathic arthritis)
4. Hipotiroidisme
5. Gout (asam urat)
6. Infeksi bakteri gonokokus
7. Osteoartritis onset dini
8. Fenomena Raynaud
9. Depresi

Untuk lebih tepatnya, silakan ke dokter terdekat. Dokter akan melakukan anamnesis (wawancara terstruktur) dan pemeriksaan fisik yang akan mengarahkan ke diagnosis pasti. Di samping itu, masih diperlukan pula pemeriksaan laboratorium untuk lebih memastikannya.

Beberapa pemeriksaan laboratorium yang dapat dilakukan antara lain: hitung darah lengkap, rata-rata sedimentasi eritrosit (sel darah merah), C-reactive protein, yang biasanya memiliki nilai tidak normal, terutama saat terjadi peradangan.

Antibodi antinuclear akan positif pada 90% kasus SLE (lupus).
Faktor rheumatoid akan menunjukkan hasil positif pada sebagian besar kasus arthritis rheumatoid, berbagai penyakit autoimun, dan infeksi kronis lainnya.
HLA-B27 akan meningkat pada kasus: spondyloarthropathies.

Pemeriksaan lain yang dapat dianjurkan adalah pemeriksaan imaging/radiologi, seperti: foto rontgen.

Kadar asam urat dapat meningkat pada kasus gout. Namun perlu diketahui, bila kadar asam urat meningkat di dalam peredaran darah, namun belum memiliki keluhan, maka diagnosisnya adalah hiperurikemia asimtomatis.

Asam urat (kristal natrium urat) yang menumpuk di persendian atau di jaringan sekitar sendi menimbulkan gejala pegal-pegal. Nah, bedanya asam urat dengan rematik: kalau asam urat umumnya menyerang satu atau beberapa sendi kecuali sudah tahapan kronis (menahun), sedangkan rematik umumnya menyerang banyak sendi.

Untuk mengetahui seseorang menderita asam urat atau tidak, maka minimal ada 6 dari 12 kriteria di bawah ini:
1. Hanya menyerang satu sendi.
2. Menyerang sendi secara asimetris.
3. Sendi yang terserang berwarna merah/kemerahan (akibat radang).
4. Menyerang sendi di pangkal jempol jari kaki.
5. Menyerang sendi di pangkal-pangkal jari kaki.
6. Nyeri sendi dirasakan paling hebat di hari pertama serangan.
7. Serangan akut terjadi kambuhan.
8. Kadar asam urat dalam darah melebihi normal (naik).
9. Tidak didapatkan kuman kuman di dalam cairan sendi.
10. Didapatkan tofus di sekitar sendi. Tofus ialah benjolan-benjolan (di sekitar sendi kaki, siku, tangan, di belakang telinga, atau di kelopak mata) yang terkadang keluar zat berwarna putih seperti kapur. Warna putih ini adalah kristal natrium urat.
11. Didapatkan kristal natrium urat di dalam tofus.
12. Pada pemeriksaan rontgen ada gambaran lesi khas karena natrium urat.

Bila Anda benar menderita asam urat, maka dokter akan memberikan beberapa pilihan obat untuk menurunkan kadar asam urat darah, yaitu: alopurinol atau probenesid.

Bila sendi terasa nyeri, maka dokter akan meresepkan: piroksikam, meloksikam, ibuprofen, fenilbutason, natrium diklofenak, atau metil prednisolon.

Disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter dan tidak membeli obat sendiri mengingat efek sampingnya cukup banyak: yaitu pada lambung, ginjal, hati, sumsum tulang, pembuluh darah, dan perderan darah.

Demikian penjelasan ini, semoga bermanfaat.

dr. Dito Anurogo

1 comment:

Ardhy said...

Mau tanya dokter, saat saya rontgen kepala, komentar dokternya adalah:Tak nampak sinus paranasal, tampakdeviasi septi nasi ke kiri denganedema cavum nasi kanan. Ini maksudnya apa ya? Terimakasih atas perhatian dan bantuannya