Wednesday, March 5, 2014

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak yang Punya Keterbatasan Fisik

Putri kedua saya berumur 9 tahun fisiknya menunjukkan hyponcondria, tingginya tidak sampai 1 meter. Apa yang bisa saya lakukan untuk menyiapkan mental dan menumbuhkan rasa percaya dirinya agar ia tetap tegar menerima keadaan fisiknya dan dapat tumbuh normal secara kejiwaan? Terimakasih.

Sirajudin (Laki-laki menikah, 39 tahun)
sierra.XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 169 cm, berat badan 63 kg

Jawaban

Bapak Sirajudin yang baik,

Rasa percaya diri yang dimiliki oleh setiap orang adalah hasil dari sebuah proses panjang yang dilakukan secara konsisten. Proses yang bisa Bapak lakukan adalah ajak anak Bapak untuk tidak hanya fokus terhadap kekurangan dirinya dengan cara mengikutsertakan anak Bapak ke kegiatan yang memang ia sukai dan bertujuan untuk meningkatkan prestasi dibidang tersebut. Misalnya ia suka menari, maka Bapak bisa mengikutkan ia ke les menari sehingga ia bisa mengasah bakatnya yang akan berguna dikemudian hari. Selain itu, dukungan seluruh anggota keluarga akan sangat dibutuhkan untuk memunculkan perasaan aman dan meningkatkan self esteem Putri Bapak.

Bapak juga bisa menunjukkan kepada putri Bapak mengenai contoh-contoh orang yang berhasil meskipun memiliki keterbatasan fisik sehingga ia memiliki pandangan bahwa sukses itu boleh menjadi mimpi semua orang dan semua orang pula boleh mewujudkannya.

Selamat melatih rasa percaya diri anak.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: