Pages

Thursday, June 14, 2012

Selalu Biduran Setiap Udara Dingin

Dok, bagaimana cara mengobati alergi udara dingin? Awal mula terkena alergi berbarengan dengan flu. Meskipun saya sudah memakai pakaian tebal, tapi tetap saja alergi menyerang hingga timbul biduran.

Setelah minum antihistamin dari resep dokter, alergi hilang. Tapi setelah tidak mengkonsumsi obat lagi, alergi kembali muncul. Yang saya takutkan, minum obat terus bisa berefek samping ke pendengaran? Adakah cara yang lebih baik dari minum obat? Alergi saya sudah 2 bulan menyerang. Bila sudah sembuh, bagaimana agar tidak kambuh kembali?

Fazrin Anashr (Pria Lajang, 16 Tahun), fazrin.anashr@gmail.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 38 Kg

Jawaban

Dari penjelasan yang Anda berikan, kemungkinan besar alergi yang Anda alami tidak hanya dipicu oleh udara dingin. Mungkin ada penyebab lain yang juga harus dipertimbangkan. Bila hanya terhadap udara dingin, penggunaan pakaian tebal biasanya akan mengurangi dan meringankan gejala yang muncul.

Pada biduran kronis, harus dipikirkan hal lain sebagai penyebab, misalnya infeksi ataupun peradangan lain dalam tubuh. Biduran tidak hanya disebabkan oleh alergi semata.

Bila penyebab alergi diketahui secara pasti, maka manajemen yang terbaik adalah dengan cara avoidance atau menghindari penyebabnya. Namun seringkali tidak mudah untuk mencari penyebab pasti.

Pada saat penyebab belum atau tidak diketahui maka konsumsi antihistamin merupakan langkah yang dapat dilakukan dan dibenarkan. Anhistamin aman digunakan, sejauh mengikuti aturan pakai yang dianjurkan. Beberapa jenis antihistamin terbaru melakukan studi atau penelitian penggunaan jangka panjang tanpa adanya efek samping yang berarti.

Sebaiknya Anda berobat ke dokter terdekat, agar penyebab lain yang mungkin dapat segera dievaluasi.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: