Pages

Monday, July 23, 2012

Apa Bahayanya Jika Hb Terlalu Tinggi?

Dokter, saya mau tanya mengenai kandungan Hb darah saya yang tinggi. Apa penyebabnya? Dua tahun lalu saya mulai donor darah, tetapi kemudian vakum 1 tahun (tidak donor), dan sejak sembilan bulan lalu, saya selalu ditolak PMI untuk donor darah karena Hb saya mencapai 18.6.

Apa yang harus dilakukan untuk menurunkan kadar Hb darah? Apa penyakit yang ditimbulkan dari Hb tinggi? Saya mulai konsumsi obat cardio aspirin, dan belakangan ini saya sudah berhasil dua kali untuk donor darah. Mohon pendapat dokter. Terimakasih

Herianto (Laki-laki Lajang, 23 Tahun), mazeXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 167 Cm, Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Polisitemia adalah peningkatan konsentrasi hemaglobin diatas batas nilai normal hemaglobin untuk pasien sesuai dengan umur dan jenis kelamin (pria atau wanita). Gejala klinisnya seperti:
1. Sakit kepala
2. Dizzines
3. Tinitus (telinga berdenging)
4. Gangguan penglihatan
5. Sesak
6. Lemas
7. Perubahan warna kulit
8. Rasa begah di perut
9. Perdarahan, trombosis atau kadang tanpa gejala.

Untuk menurunkan hemoglobin dapat dilakukan flebotomi, yaitu untuk mempertahankan hematokrit 42 persen pada perempuan dan 47 persen pada pria. Ini untuk mencegah timbulnya hiperviskositas.

Flebotomi adalah suatu tindakan menurunkan volume darah dengan cara mengeluarkannya melalui pembuluh darah vena secara bertahap dan cepat. Kebanyakan pasien dapat menerima pengeluaran darah kira-kira 450 s/d 600 cc per minggu. Untuk usia lanjut atau pasien dengan penyakit kardiovaskuler dianjurkan sekitar 200-300cc.

Setelah target pengobatan hematokrit 40-45% tercapai, maka kekerapan flebotomi dapat diturunkan antara 1 atau 2 kali tiap 3-4 bulan. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi, trombosis (sumbatan) dan hemorargik (pendarahan).

Aspirin dosis rendah dapa mengurangi resiko komplikasi trombosis tanpa meningkatkan resiko pendarahan.

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

2 comments:

Samoela Riesly said...

maaf dokter saya mau bertanya , bagaimana caranya agar saya bisa mengirim pesan atau konsultasi ke blog ini saya kesulitan . terima kasih :)

Unknown said...

dokter saya mau tanya,perut bagian kanan selalu terasa nyeri tapi kadang pindah ke bawah dan ke atas,sudah ke dokter tapi gak sembuh2,apa betul ada hubungannya dgn psikomatis.terima kasih.
seno 42 th