Pages

Monday, July 2, 2012

Apakah Hipertensi Itu Penyakit Keturunan?

Dok, saya punya kakek yang memiliki penyakit hipertensi dan setahu saya kondisi ini bisa diturunkan ke generasi berikutnya. Pertanyaan saya seberapa besar risiko saya bisa terkena hipertensi? Saya tunggu jawabannya Dok, terimakasih.

Fitri AS (Perempuan Lajang, 23 Tahun), cumi_piti@yahoo.co.id
Tinggi Badan 156 Cm dan Berat Badan 41 Kg

Jawaban

Walaupun terdapat bukti-bukti yang menunjukkan bahwa hipertensi memiliki latar belakang genetik, masih sulit untuk secara pasti menentukan tingkat risiko penurunan penyakit ini.

Hal ini disebabkan bahwa disamping hipertensi sendiri adalah penyakit multifaktorial (lihat 'Bisakah Penyakit Genetik Disembuhkan?'), secara genetik terdapat lebih dari satu gen yang memainkan peranan penting. Seberapa besar resiko seseorang menderita hipertensi ditentukan oleh interaksi dari berbagai faktor genetik dan non-genetik tadi.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

No comments: