Pages

Monday, July 30, 2012

Bagaimana Menyembuhkan Suami yang Kecanduan Obat Penenang?

Dok, saya mohon bantuan dokter, suami saya pecandu obat penenang sudah 15 tahun. Awal menikah saya tidak tahu kebiasaan buruknya, saya sangat kecewa dengan suami saya, saya sendirian membesarkan anak kami.

Setiap saat kalau dia punya uang, dia langsung membeli obat (samodril compositum) dan kalau sudah minum obat itu, dia langsung tidur. Dia malas kerja, kalau bicara dia salalu berbohong dan suka mencuri uang. Asal bisa membeli obat.

Suamiku tidak pernah memikirkan kebutuhan hidup, semua saya yang mencari uang. Saya sendiri yang membiayai dan membesarkan anak dok. Berbagai cara saya sudah lakukan, biar suami tidak minum obat itu, tapi tidak berhasil.

Dok tolong saya, bagaimana cara menghentikan kebiasaan suami saya agar tidak minum obat penenang lagi? Dan bagaimana cara memberi tahu suamiku agar tidak berbohong dan mencuri lagi? Saya sangat memohon dokter bisa membantu menyembuhkan suami saya. Terimakasih.

Kotri J (Perempuan Menikah, 29 Tahun), kotXX_XXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 67 Kg

Jawaban

Dear bu Kotri,
Bu, apakah suaminya sebelumnya pernah kerja? Kalau sebelumnya tidak pernah kerja, tentunya lebih sulit daripada pernah kerja dulunya, tapi tidak kerja lagi karena suatu hal.

Mungkin ibu bisa menanyakan apa tujuan hidupnya? Apakah mau hidupnya seperti ini terus? Apakah tidak kasihan kepada istri yang harus membesarkan anaknya sendirian tanpa bantuan materi dari suami?

Kalau ada keinginan untuk berubah, ibu bisa mengajaknya ke psikiater. Kalau memang tidak mau berubah, akan sulit sekali untuk mengubah dia, kecuali ada sesuatu hal atau seseorang yang memaksa dirinya untuk berubah.

Sebaliknya ibu kalau melihat suaminya tidak mau berubah, artinya ibu harus menerima keadaan seperti itu selama ibu mau hidup bersamanya. Ibu bisa menerimanya dengan lapang dada atau menerimanya dengan sakit hati, semuanya terserah kepada bu Kotri.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: