Thursday, August 23, 2012

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Cacar?

Dok, saya terkena cacar 13 hari yang lalu, sekarang sudah membentuk keropeng-keropeng dan beberapa ada yang mengelupas dan meninggalkan bekas luka. Bekasnya sangat mengganggu karena ada di muka, tangan, kaki, leher, dada, punggung, pokoknya hampir di seluruh badan ada meskipun tidak menumpuk banyak.

Saya tanya obat atau krim apa yang bisa menghilangkan bekas cacar tersebut, agar kulit saya kembali seperti sediakala saat sebelum kena cacar. Terimakasih atas jawabanya. Salam.

Yanti (Perempuan Lajang, 25 tahun), moureeXXXX@ymail.com
Tinggi Badan 163 cm dan Berat Badan 49 kg

Jawaban

Bekas merupakan hal yang sangat mengganggu yang ditinggalkan oleh penyakit cacar air yang dipicu oleh infeksi virus varicella zoster ini. Kemungkinan bekas menjadi lebih besar bila cacar air menjangkiti orang dewasa, karena umumnya penyakit menjadi lebih berat dengan penyembuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan pasien anak.

Bekas cacar air yang menganggu biasanya berupa bercak kehitaman dan bekas lubang (bopeng). Warna hitam biasanya akan pulih secara perlahan, kadang bisa mencapai 4-6 bulan. Konsumsi vitamin C dosis tinggi kerap kali dianjurkan untuk mencegah kemungkinan ini, walaupun tidak berhasil pada semua orang. Untuk mempercepat hilangnya warna hitam ini, biasanya dapat digunakan krim yang mengandung pemutih, misalnya hidroquinon.

Mengatasi bekas lubang atau bopeng merupakan hal yang lebih sulit. Bekas tipe ini umumnya terjadi bila lesi cacar disertai infeksi sekunder oleh bakteri, lesi cacar yang berukuran besar dan keropeng yang lama sembuh. Penyembuhan bekas lubang biasanya tidak sempurna, jarang sekali pulih seperti sediakala.

Umumnya dokter akan mencoba memberikan krim yang dapat merangsang kolagen misalnya tretinoinm, walaupun angka keberhasilan tidak terlalu tinggi. Untuk meningkatkan keberhasilan biasanya dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan tindakan subsisi, atau terapi laser.

dr. Susie Rendra, SpKK

1 comment:

farah Fathaniah said...

Dok,umur saya 16 tahun. Saya makai salah satu produk untuk day cream. Saat hari pertama, muka saya gatal2 hingga timbul bentol2 kecil. Tetapi saat saya memakainya di hari kedua tidak gatal. Saat saya pakai di hari ketiga, gatal lagi tapi tidak terlalu gatal seperti hari pertama. Menurut saran dokter, apakah saya harus menghentikan pemakaian produk tsb, atau karena kulit saya sedang beradaptasi dgn produk tsb ? Terima kasih