Sunday, August 26, 2012

Sering Vertigo dan Telinga Berdengung

Dok, sudah seminggu lebih kakak saya menderita telinga kanan yang berdengung (terus menerus, tanpa surut sekalipun). Awalnya, telinga berdengung ini disertai dengan pandangan yang berputar (vertigo). Oleh Dokter, sudah diberi obat mertigo, dan untuk vertigonya berangsur-angsur membaik.

Untuk telinganya, Dokter THT sudah memberikan semacam obat tetes, tetapi anehnya sampai saat ini dengungan belum berkurang juga. Untuk Dokter ketahui, dalam keluarga kami, ada riwayat meningioma (tumor jinak di otak) dari ibu saya yang meninggal 7 bulan setelah operasi pengangkatan. Apa yang harus kakak saya lakukan? Mohon saran dari Dokter, terimakasih.

Dyah Basuki (Perempuan Lajang, 35 Tahun), dyahtwindie@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Telinga mendengung yang disertai pusing berputar disebabkan oleh berbagai sebab, tetapi pada dasarnya adalah adanya gangguan pada telinga luar atau telinga tengah atau telinga dalam. Adanya kotoran telinga yang menekan gendang telinga, atau adanya cairan akibat peradangan pada rongga timpani (telinga tengah) dapat memicu keluhan mendenging dan berputar. Gangguan pada rumah siput (kokhkea) dan saraf pendengaran hingga otak, dapat pula menimbulkan telinga mendenging maupun pusing berputar.

Bila keluhan mendengung hanya pada salah satu telinga dan pusing berputar disertai dengan penurunan kemampuan mendengar pada telinga yang bermasalah berlangsung progresif (makin lama makin parah) kemungkinan penyebabnya adalah tumor pada sudut antara batang otak dan otak kecil yang menekan saraf pendengaran dan keseimbangan.

Untuk memastikan penyebab keluhan mendengung dan berputar sebaiknya kakak Anda memeriksakan diri ke dokter THT dan menjalankan pemeriksaan penunjang seperti audiometric, timpanometri bahkan MRI bila diperlukan.

Dr. Agus Subagio, Sp THT

No comments: