Monday, August 27, 2012

Bisakah Psoriasis Disembuhkan?

Dokter yang terhormat, saya pria lajang 21 tahun, divonis menderita penyakit psoriasis (radang kulit) oleh 3 orang dokter. Dokter memberi obat sementara saja karena dikatakan penyakit saya ini tidak bisa sembuh total. Perlu dokter ketahui di kulit kepala saya banyak kerak seperti ketombe, dan bukan hanya di kulit kepala saja, namun juga di alis, di bulu mata serta di punggung.

Apakah benar penyakit saya tidak bisa sembuh? Kenapa obat-obatan yang diberikan oleh para dokter tidak dapat menghilangkan 'kerak' yang terdapat di beberapa bagian tubuh yang saya sebutkan tadi? Bila tidak bisa sembuh total berarti ada cara untuk sembuh 'sementara' sebelum kambuh lagi, bagaimana caranya? Terimakasih

Sigit, waduh_bingung@yahoo.com


Jawaban

Memang betul Psoriasis tidak bisa sembuh total, jadi kita hanya bisa mengontrolnya. Harusnya bila kita mendapatkan obat yang betul maka kerak-kerak yang dikeluhkan tersebut bisa hilang tapi biasanya bersifat sementara.

Sampai saat ini Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang paling banyak diteliti di dunia kedokteran khususnya bagian Kulit, dan sayangnya sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya.

Psoriasis adalah penyakit kulit di mana penderita mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyakit ini terkadang muncul dalam jangka waktu lama atau kambuhan dalam waktu yang tidak menentu. Penyakit ini bersifat tidak mengancam jiwa dan tidak menular.

Gejala psoriasis diketahui jika di kulit terdapat area berwarna merah cerah dibanding kulit di sekitarnya, ada area kecil yang berdarah ketika digaruk, penyakit pada kuku, dan rasa gatal pada area berwarna merah.

Dr. Samuel L Simon SpKK

No comments: