Saturday, September 29, 2012

Khawatir Gangguan Jantung karena Leher Sering Pegal Kalau Kelelahan

Salam Dok. Saya sering merasa nyeri di sekitar dada (kanan dan kiri ). Kalau diurut atau ditekan rasa nyeri hilang. Dan leher bagian belakang suka tegang khususnya bila ada masalah dan kecapekan kerja. Saya sudah konsultasi ke dokter spesialis jantung dan sudah di EKG, tapi hasilnya belum memuaskan. Apakah hal ini pertanda saya menderita gangguan jantung. Terimakasih dok.

Managam R (Pria Menikah, 39 Tahun), managamXXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 168 Cm, Berat Badan 70 Kg

Jawaban:

Berdasarkan pernyataan Anda mengenai gejala penyakit jantung, kami masih belum jelas informasi yang kami dapat. Selain gejala nyeri di dada sebelah kiri, apakah Bapak juga mengalami gejala sesak napas?

Lalu bagaimana detak jantung Bapak? Apakah Bapak merasakan gejala detak jantung yang tidak beraturan? Jika Bapak mengalami gejala sesak napas, nyeri dada di sebelah kiri bukan di sebelah kanan, napas pendek, detak jantung tidak beraturan, itu didiagnosa gejala penyakit jantung.

Namun, itu belum cukup. Bapak harus melakukan pemeriksaan EKG, USG, sinar X dan Holter 24 jam untuk membuktikan apakah Bapak terkena penyakit jantung atau tidak.

Sakit jantung seringkali sulit dikenali hanya berdasarkan gejala yang tampak secara kasat mata. Nyeri dada misalnya, tidak selalu disebabkan oleh gangguan pada jantung tetapi bisa juga karena gangguan lain misalnya asma atau bahkan gangguan pencernaan.

Namun demikian kewaspadaan sangat diperlukan karena akan jauh lebih baik kalau penyebab pasti gangguan tersebut teridentifikasi sejak dini. Kalau ternyata memang gangguan jantung, maka pengobatan dan upaya lain untuk mengurangi risiko lain yang lebih buruk bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: