Friday, November 2, 2012

Menghilangkan Bintil-bintil di Mata

Dokter, disekitar mata saya tepatnya di area bawah alis banyak terdapat bintil-bintil yang bentuk fisiknya seperti jerawat nasi (warna putih). Tapi ketika saya coba pecahkan tidak berisi apa-apa dan susah sekali untuk dipecahkan dan meninggalkan bekas pula yang sampai sekarang masih ada. Itu apa ya dokter dan bagaimana pengobatanya? Apakah ada kaitanya dengan faktor genetik? Trimakasih atas jawabanya.

Ria Agustina (Perempuan Menikah, 26 Tahun), rhia_moetmoeton@yahoo.com


Jawaban

Yang ada di bawah alis Anda kemungkinan bukan komedo seperti yang umumnya terdapat pada jerawat melainkan milia. Milia ini adalah jenis kista epidermoid yang dibatasi epidermoid dan berisi cairan keratin (serabut protein).

Kondisi ini berbeda dari komedo yang umumnya relatif mudah dikeluarkan. Pada milia terjadi sumbatan keratin yang keras sehingga umumnya sulit dikeluarkan dengan alat biasa. Sedangkan komedo pada jerawat adalah sumbatan kelenjar minyak.

Sebaiknya Anda tidak mencoba untuk mengeluarkan sendiri karena selain sulit juga akan meninggalkan bekas seperti yang sudah Anda alami. Pengobatan umumnya dengan alat misalnya electro cauter. Faktor genetik tidak jelas pada kasus ini tetapi umumnya dipengaruhi oleh seringnya terkena paparan sinar matahari. Maka sebaiknya mulai sekarang Anda mulai menggunakan tabir surya jika keluar rumah saat matahari terik.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: