Pages

Thursday, November 1, 2012

Tensi Selalu Tinggi, Apa Bisa Merusak Jantung?

Saya sudah 4 tahun ini mengalami tensi darah 150/80 atau bisa juga 140/90 atau normal 130/80. Pengobatan rutin yang saya lakukan yang diberi dokter ke saya adalah minum obat Farnormin yang 50 ml 1 setiap hari.

Kalau di kantor saya setiap tahun ada cek kesehatan dan semua hasil labarotarium saya bagus atau normal.

1. Yang ingin saya tanyakan berapa sebenarnya tensi yang normal untuk saya, dan bagaimana cara agar tensi darah bisa normal?
2. Apakah dengan tensi darah saya cenderung tinggi bisa mengakibatkan nantinya gangguan di jantung?

Dokter mohon jawabannya, atas bantuannya diucapkan terimakasih.

Marlina (Perempuan Menikah, 47 Tahun), marlina_XXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 153 Cm, Berat Badan 51 Kg

Jawaban:

Berdasarkan pernyataan Anda, 140/90 merupakan tekanan darah normal. Namun bila tekanan darah mencapai 150/80, kami berpendapat bahwa tekanan darah Anda cukup tinggi. Bagaimana cara untuk mengurangi tekanan darah adalah segera memeriksakan diri ke dokter karena dokter lebih memahami kondisi Anda.

Tekanan darah yang terlalu tinggi atau disebut hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung maupun stroke, bahkan juga bisa memicu gagal ginjal. Tidak semua gangguan hipertensi menunjukkan gejala, tapi kadang bisa ditandai dengan mimisan, sakit kepala dan wajah kemerahan.

Pada dasarnya tekanan darah selalu berubah tergantung banyak faktor, termasuk aktivitas fisik. Normalnya adalah 120/80 tetapi bisa meningkat setelah melakukan aktivitas fisik, tetapi akan kembali normal setelah diistirahatkan dalam beberapa waktu.

Mengenai pengaruh tekanan darah pada jantung, kami ingin mengetahui kondisi Anda lebih mendalam, misalnya denyut jantung teratur atau tidak. Juga terkait gejala yang Anda rasakan seperti sesak napas, nyeri dada sebelah kiri. Setelah itu semua jelas, baru dapat kami pastikan.

Oleh krena itu sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi Anda lebih lanjut. Jika Anda waktu atau jika Anda masih ada pertanyaan mengenai gejala jantung dan ruang dada, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kami gratis dengan catatan membawa hasil pemeriksaan dari dokter (baik itu EKG, ataupun USG) sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: