Pages

Tuesday, January 1, 2013

Tolong Dok, Sudah 6 Tahun Sperma Saya Tak Bisa Keluar

Dok saya mau tanya. Saya ini penderita diabetes keturunan tipe 1. Nah, ada yang sangat mengganggu saya nih dok. Sudah hampir 6 tahun, tiap kali masturbasi, sperma tidak bisa keluar sama sekali.

Pernah dianjurkan untuk cek ke lab, tapi saya bingung soalnya diminta keluarkan cairan spermanya tapi tidak bisa. Apa saya masih bisa punya keturunan dok? Dan saya perokok aktif.

Budi (Pria Lajang, 32 tahun), bud1_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 174 cm dan Berat Badan 60 kg

Jawaban

Diabetes tipe-1 adalah diabetes yang terjadi sejak lahir dan perlu terapi dengan suntikan insulin. Sperma akan keluar bila rangsangan seksual (antara lain dengan masturbasi) bisa memicu puncak rasa birahi yaitu orgasme.

Hambatan orgasme akan membuat terhambat pula ejakulasi sperma. Hal ini terjadi bisa karena kadar gula darah tidak terkontrol baik.

Dianjurkan periksa gula darah puasa dan 2 jam sesudah makan serta HbA1C (kadar gula darah rata-rata dalam 3 bulan terakhir). Test HbA1C adalah tes gula darah yang paling akurat, nilai normalnya sekitar 6,5.

Sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan merokok, mengingat faktor risiko yang berbahaya akibat merokok, yaitu stroke, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta impotensi.

Kemungkinan memperoleh keturunan ditentukan oleh jumlah sel jantan (spermatozoa), bentuknya serta motilitasnya (geraknya). Di samping itu pula, kualitas sel betina (ovum) istri Anda kelak bila Anda menikah.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: