Pages

Sunday, May 19, 2013

Terkena Penyakit Kelamin Sejak Usia 14 Tahun, Apakah Berbahaya?

Dok, saya wanita berusia 28 tahun. Sejak umur 14 tahun saya menderita penyakit kelamin. Di vagina saya tepatnya di bibir luar kiri dan kanannya muncul semacam jenger ayam dan sampai sekarang masih ada gading jenger tersebut berwarna hitam dan tidak membesar, diameternya tetap sama dari 14 tahun silam, tidak menimbulkan rasa sakit sedikit pun.

Gejala awal yang timbul pada saat itu gatal-gatal. Dan pada saat itu saya belum pernah melakukan hubungan seksual. Sekarang usia saya sudah 28 tahun dan saya ingin sekali jenger tersebut bisa hilang karena itu membuat saya malu untuk menikah.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Dari mana asal virus tersebut sementara pada usia saya yang masih 14 tahun saya belum pernah melakukan hubungan seksual.
2. Apakah penyakit tersebut dapat menular kepada pacar saya, karena saya sudah sering berhubungan intim dengan pacar saya dan dia tidak mengetahui tentang keberadaan jenger tersebut. Tetapi kami memakai kondom.
3. Jika langkah penyembuhan dengan cara operasi saya ingin mengoperasi agar vagina saya kembali normal seperti semula. Mohon info lengkap tentang biaya operasi dan alamat rumah sakit tempat dokter praktik. Saya sangat mengharapkan balasan dari dokter. Terimakasih.

Mugira (Wanita lajang, 28 tahun)
rasta.XXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 165 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Salam Mugira

Dari keluhan yang disampaikan, perlu dilakukan pemeriksaan lebih teliti oleh dokter untuk mengetahui apakah keluhan tersebut betul akibat infeksi virus atau varian bentuk anatomi pada vagina saja. Penyakit kutil kelamin sendiri merupakan penyakit yang menular, namun belum tentu itu yang diderita oleh Mugira.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: