Friday, June 7, 2013

Masih Berusia 15 Tahun Tapi Suka Mabuk, Bagaimana Menanganinya?

Saudara teman saya berusia sekitar 15 tahun. Dia adalah remaja tanggung yang nakal. Dan kenakalannya sangat di luar batas seperti (mabuk, narkoba, membolos dll). Menurut saya ini disebabkan faktor lingkungan dan kurangnya perhatian serta pengawasan orang tua karena keduanya sibuk bekerja. Bagaimana solusi dan cara menangani anak tersebut? Terimakasih.

Indi Respitasari (Wanita lajang, 22 tahun)
rezaindie_XXXXX@yahoo.co.id, Jenis Kelamin : Perempuan,
Tinggi badan 156 cm, berat badan 48 kg

Jawaban

Hai Mbak Indi,

Masa remaja adalah masa paling penting dalam hal pencarian jati diri anak. Biasanya orang tua harus memberikan perlakuan yang tepat dengan menjalin interaksi secara berkualitas dengan anak. Kualitas interaksi tidak dinilai dari sering dan banyaknya pertemuan dengan anak, namun bentuk perhatian yang cukup dan bukan tuntutan. Untuk kasus saudaranya teman Mbak Indi ini masuk ke dalam kategori kenakalan remaja yang membutuhkan penanganan khusus. Ada baiknya remaja ini dibawa konsultasi ke psikolog.

Selain itu, orang tua juga dapat memperbaiki interaksi dengan anak remajanya dengan banyak berdiskusi (bukan berdebat) dan memposisikan diri sebagai teman sehingga apapun yang diceritakan dan dilakukan oleh remaja ini bebas ia ungkapkan tanpa adanya penilaian negatif. Ketika remaja sudah mau terbuka dan bercerita banyak, maka orang tua perlahan dapat memasukkan hal-hal yang menjadi nilai/value dalam keluarga. Satu hal yang paling terpenting dari interaksi dengan remaja adalah pembentukan trust (kepercayaan) sehingga interaksi yang terjalin dapat terbentuk dengan berkualitas.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: