Pages

Monday, July 15, 2013

Payudara Anak Lebih Besar dari Teman Sebaya, Apa yang Salah?

Saya ingin menanyakan perkembangan seksual anak perempuan saya (14th/160cm/60kg/kelas 2 SMP), dia memiliki payudara yang menurut saya besar sekali jauh melebihi ibu dan nenek-neneknya yang justru cenderung kecil. Tingkah lakunya masih kekanak-kanakan tapi agak tomboy dan sangat aktif berolahraga (berenang, basket, taekwondo), tapi saya khawatir dia diganggu laki-laki karena penampilannya yang seperti mahasiswi (remaja dewasa).

Apakah ada sesuatu yang salah dengan anak perempuan saya? Apakah payudaranya akan terus membesar mengingat usianya masih muda?

Asgar Tea (Laki-laki menikah, 45 tahun)
asgarteaXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 60 kg

Jawaban

Bapak Asgar Tea,

Mengenai pertanyaan Bapak tentang adakah sesuatu yang salah dengan anak perempuan Bapak, saya tidak bisa memastikan jika hal tersebut sifatnya anatomi tubuh. Ada baiknya bapak berkonsultasi dengan ahli yang sesuai misalnya dokter SpOG agar Bapak bisa mendapatkan penjelasan yang memadai.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

2 comments:

Unknown said...

dok,saya wanita berumur 27th.semenjak kecil sy (saat mengalami pertumbuhan payudara)memiliki benjolan kecil dipayudara,tp dulu sy mengira itu akibat pertumbuhan payudara,payudara besar sebelah(tp,lama lama makin membesar dan baru sangat di dirasakan saat kelahiran anak pertama.bulan kebulan benjolan itu makin membesar kira2 1,5cm.lalu sy menanyakan ke bidan tempat biasa sy langganan suntik kb,perihal benjolan tsb,katax tidak apa2.sy menjalani kb hormon (suntik) sekitar 4th,sy menyusui selama 3bulan,tp tidak rutin,krn sy bekerja.asi sy banyak,tp bayi jarang sy beri asi dan sy tdh pernah memerah asi(sy biarkn begitu sj) .setelah putra pertama sy berusia 5th,sy melahirkan bayi prmpuan sy yg kedua,(asi exslusif)benjolan itu makin mmbesar 4,5cm(disamping puting)lalu sy ke rs(tp rs blm memadai,maklum kota kecil)itupun hanya diperiksa diraba sj.katax itu hanya kelenjar payudara.sy kecewa krn tdk diberikn pnjlsn yg lengkap.sy hanya diberikn tablet ibuprofen(padahal tdk sakit).menurut dokter bgmn?setelah sy jelaskan dari awal? oya,bentuk benjolan itu oval,diatasx agak seperti anggur,berbatas dan kenyal dan kluarga sy tdk ada riwatat kangker payudara,dok.dokter sy mohon bantuannya.sekalian kira2 biaya berobatnya berapa?sy tergolong org pas pasan dok.terima kasih atas bantuannya.mohon jawaban dikirim ke email sy magdatyas@gmail.com

Unknown said...

Dok sy mau tanya skrng sy sedang hamil 8 minggu, Dan sy jg sedang melakukan pengobatan paru selama 6 bln Dan ini adalah bln terakhir sy pengobatan. Yg ingin sy tanyakan apakah obat yg sy komsumsi mempengaruhi tdk dengan kandungan sy... Terima kasih, Mohon kejelasannya dok..