Pages

Sunday, February 2, 2014

Jarang Menoleh Jika Dipanggil Nama, Apakah Ciri Anak dengan Autisme?

Anak saya berumur 7,5 bulan, perempuan, beratnya 7 kg. Kalau saya perhatikan dia sangat hiperaktif, tangan dan kakinya bergerak-gerak terus dan terkadang saat saya panggil namanya dia jarang menoleh. Tapi, kita sering melakukan kontak mata. Saya khawatir, dia mengalami autis. Apakah tanda-tanda seperti itu termasuk autis? Tolong kasih saya info. Terimakasih.

Desti (Perempuan menikah, 26 tahun)
ariestya_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 160 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Ibu Desti yang sedang khawatir,

Memperhatikan dan memantau perkembangan anak sangat baik sekali dan harus terus dilanjutkan ya Bu. Namun, untuk kasus anak Ibu, kekhawatiran Ibu bisa segera dihilangkan karena apa yang dilakukan oleh anak Ibu masih dapat dikategorikan sesuai dengan usia perkembangannya saat ini. Perilaku aktif yang tunjukkan oleh anak Ibu dengan menggerak-gerakkan kakinya memang biasanya dilakukan oleh anak usia tersebut dan tidak bisa dikatakan ciri-ciri autisme karena ini adalah hal yang berbeda. Jika saat ini anak Ibu belum menoleh secara konsisten maka Ibu bisa terus menstimulasi anak Ibu untuk kenal siapa namanya dan biasakan untuk memanggil namanya sehingga anak Ibu merasa familiar dengan nama tersebut.

Selamat mencoba.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: