Monday, February 3, 2014

Bagaimana Menangani Anak Perempuan Berusia 7 Tahun yang Lelet?

Saya memiliki anak perempuan yang kini berusia 7 tahun, di mana terdapat masalah motoriknya kurang atau boleh dibilang lelet, apalagi jika dalam hal sebagai berikut:
1. Dalam hal pelajaran, yang harus menulis bahan pelajaran dari papan tulis.
2. Dalam hal konsentrasi menulis dan mengingat hal sebelumnya. Oleh karena itu bagaimana cara untuk mengatasi keleletan pada anak. Sebelum dan sesudah kami ucapkan terimakasih.

Jaenal (Laki-laki menikah, 27 tahun)
vallentine_XXXX@yahoo.com
Tinggi badan 172 cm, berat badan 76 kg

Jawaban

Bapak Jaenal yang baik,

Masalah yang dialami oleh anak Bapak perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai beberapa hal seperti: bagaimana tekanan tangan anak ketika menulis, apakah terlalu keras atau terlalu lemah? Dan bagaimana riwayat perkembangan motoriknya? Baik motorik kasar maupun motorik halusnya? Seperti berjalan, berlari, menggenggam, mewarnai, menggunting dll.

Untuk sementara waktu, Bapak dapat memberikan stimulasi secara rutin dan konsisten misalnya memainkan lilin(malam) dan membentuk sesuatu, atau meremas biji kacang hijau atau kacang-kacangan agar otot-otot disekitar tangannya dapat aktif dan optimal penyaluran energinya.

Mengenai kondisi memori visualnya, sebelumnya Bapak dapat melakukan pengecekan kondisi organ visualnya terlebih dahulu apakah ada gangguan atau tidak. Dan perhatikan kemampuan baca-tulis-hitungnya apakah mengalami keterlambatan dibandingkan anak lain seusianya? Jika iya, segera datang berkonsultasi dengan psikolog anak yang terdekat dengan lokasi Bapak tinggal.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: