Pages

Sunday, March 2, 2014

Saat Anak Minta Aneka Gadget, Bagaimana Mengatasinya?

Mbak Ratih, saya punya anak kelas 1 SMA. Dia memang saya beri smartphone untuk komunikasi dan laptop untuk memudahkan tugasnya. Tapi yang membuat saya kesal akhir-akhir ini dia minta dibelikan tablet PC dan smartphone lagi, saya sudah menasihatinya tapi justru dia ngambek. Apa yang harus saya lakukan ya Mbak Ratih?

Novi (Perempuan menikah, 39 tahun)
NoviXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Dear Ibu Novi,

Salah satu peran orang tua adalah memberikan fasilitas yang menjadi kebutuhan anak dan mendukung secara positif kegiatan anak serta memberikan anak untuk memiliki tanggung jawab atas segala apapun yang ia lakukan.

Untuk kasus ini, ada baiknya Ibu melakukan diskusi dengan anak dan mengajak ia untuk membuat prioritas kebutuhan. Kemudian memberikan pertimbangan beberapa opsi dari hasil diskusi. Anak, pada dasarnya memang akan selalu mengajukan permintaan kepada orang tua, nah tinggal bagaimana orangtua membuat keputusan atas permintaan tersebut.

Orang tua tetap punya hak untuk menentukan dan berdiskusi. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah jika ia tetap menganggap bahwa PC lebih penting maka gadget yang lain bisa dijual sehingga ia bisa memaksimalkan fungsi PC sesuai tujuan.

Selamat berdiskusi.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: