Pages

Monday, April 14, 2014

Penyebab Kepala Mr P yang Berwarna Lebih Gelap

Saya pria lajang 25 tahun, belum pernah berhubungan seks dengan siapapun, dan tidak disunat.

Banyak yang bilang bahwa, kalau seorang pria masih perjaka, maka kepala penisnya berwarna kemerahan. Dulu memang, warna kepala penis saya seperti itu Dok, tapi sekarang kepala penis saya bagian ujung sudah berubah berwarna agak gelap, walaupun memang bagian belakangnya masih berwarna agak kemerahan. Saya juga tidak tahu sejak kapan warnanya berubah.

Yang ingin saya tanyakan adalah, wajarkah kondisi yang seperti saya ini, Dok? Apakah kebiasaan saya yang jarang menggunakan celana dalam berpengaruh terhadap perubahan warna tersebut?

Jujur, saya tidak ingin ketika menikah nanti, pasangan saya jadi tidak percaya bahwa saya masih perjaka hanya karena hal-hal semacam ini. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Riko (Pria lajang, 25 tahun)
cyberoprekXXXX@gmail.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Salam Riko,

Warna kepala alat kelamin tidak menjadi patokan keperjakaan. Umumnya kulit alat kelamin memang berwarna lebih gelap dari kulit tubuh bagian lain. Warna lebih gelap ini mulai terjadi sejak usia purbertas dan semakin bertambah sesuai dengan bertambahnya usia. Kebiasaan tidak memakai celana dalam tidak mempengaruhi warna. Celana dalam hanya berfungsi sebagai pelindung, menjaga kelembaban dan sekaligus penopang (support).

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: