Monday, April 14, 2014

Timbul Bintik Merah Kehitaman karena Onani Tiap Hari, Berbahayakah?

Salam hormat dr Andri Wanananda. Saya Rohan usia 26 tahun. Setiap hari saya suka sekali melakukan onani. Yang mau saya tanyakan di area buah zakar timbul bintik-bintik menonjol warna darah merah kehitaman. Mungkin seperti tahi lalat, tidak terasa gatal dan ketika tidak sengaja tergaruk mengeluarkan darah. Pak Dokter apakah ini berbahaya dan bagaimana solusi penyembuhan/pengobatannya? Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih. Salam, Rohan.

Rohan (Pria lajang, 26 tahun)
rohanbuaXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 173 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Onani tidak akan mengganggu kesehatan, selama dilakukan dengan memperhatikan aspek hygienis (kebersihan) organ vital dan manual/alat yang digunakan. Juga, dilakukan saat tubuh bugar dengan frekuensinya tidak sampai mengganggu kegiatan rutin sehari-hari.

Yang Anda keluhkan, timbul bintik-bintik menonjol dengan warna merah kehitaman, agaknya penyakit kulit biasa yang dikenal sebagai 'condilloma acuminata' atau bisa juga 'dermatitis-kontak'. Kedua penyakit ini tidak ada kaitannya dengan onani.

Untuk memastikan diagnosis penyakit kulit tersebut serta pengobatannya, Anda dianjurkan konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin.

Dr. Andri Wanananda MS

1 comment:

Tania said...

Dokter saya mau nanya
Apa penyebab keputihan yang berlebihan saat kita lagi hamil
Dan bagaiman mengatasiny