Monday, April 7, 2014

Remaja Putri Kelas 1 SMP Terlalu Centil, Orang Tua Harus Bagaimana?

Halo Mbak Ratih, saya punya anak perempuan kelas 1 SMP. Dia itu centil banget. Kalau mau keluar itu repot sekali untuk dandan, tapi itu dia lakukan kalau sedang tidak ada saya di rumah. Kalau pergi sama saya dia biasa saja. Saya harus gimana ya Mbak?

Syifa (Perempuan, 35 tahun)
asyifa.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 168 cm, berat badan 54 kg

Jawaban

Halo juga Ibu Syifa,

Memiliki anak yang memasuki fase remaja memang gampang-gampang sulit. Jika putri Ibu terkesan dandan berlebihan ketika akan keluar rumah, hal tersebut kemungkinan besar karena ia ingin mendapatkan pengakuan bahwa ia sudah besar karena yang biasanya dandan kan orang dewasa. Ibu perlu untuk mengajak bicara bahwa batasan dandan untuk seorang remaja seusia anak Ibu apa saja. Lalu upayakan kosmetik yang digunakan sesuai dengan usia remaja agar tidak merusak kulit.

Jika dandan terkait dengan pakaian, Ibu juga bisa mengajak berdiskusi dengan putrinya bahwa setiap orang memang memiliki gaya masing-masing dalam berpakaian, namun perlu disesuaikan dengan usianya. Jelaskan mengapa ia harus bertingkah laku sesuai usia agar memiliki kesempatan secara maksimal untuk menikmati dan menjalani setiap fase dalam kehidupan dan hidup semakin berkualitas.

Selamat berdiskusi ya Ibu Syifa.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: