Wednesday, April 9, 2014

Diet Tepat untuk Turunkan Bobot 5 Kg dalam 2 Minggu

Saya sedang menjalani program diet dan membutuhkan untuk turun 5 kg selama 2 minggu. Cara apakah yang bisa saya pakai, terutama menghilangkan lemak di perut yang sangat membandel?

Manda (Wanita lajang, 17 tahun)
amandaclarriseXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Halo Manda

Dengan tinggi dan berat sekian, BMI kamu adalah 20,2 dan termasuk kategori berat sehat. Menurunkan berat badan 5 kg dalam 2 minggu bukanlah hal yang saya rekomendasikan untuk kamu.

Pertama karena berat kamu sudah sehat, pemikiran yang melulu mengacu pada berat badan itu tidak sehat. Kalau sudah sehat ya syukuri saja. Semakin kurus tidak menandakan kamu akan semakin cantik atau bahagia.

Kedua, penurunan 5kg dalam 2 minggu untuk seseorang yang sudah di rentang berat sehat terlalu ekstrem. Hal ini justru bisa mengawali sebuah siklus Yo-yo Diet (yang justru tidak sehat).

Di usia 17 tahun, kamu masih masa pertumbuhan sebaiknya fokus kepada konsumsi makanan-makanan yang bernutrisi sehingga dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan belajar. Masa ini perkembangan seksual sekunder saja belum selesai sehingga perubahan bentuk tubuh masih dapat terjadi. Biarkan semua terjadi naturally dan jangan mengacukan kebahagiaan pada berat/bentuk badan.

Untuk pola diet sehat, coba ganti sarapan (harus selalu sarapan setiap hari) dengan oats, weetbix atau fruit & vegetable smoothie dengan menggunakan susu non-fat. Lalu untuk makan siang dan malam, gunakan proporsi: 1/4 piring karbohidrat kompleks, 1/4 piring protein rendah lemak dan 1/2 piring sayur-sayuran (salad leaves, sayur rebus).

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: