Pages

Friday, June 6, 2014

Urine Bau Menyengat dan Berwarna Kecokelatan, Indikasi Sakit Apa?

Sudah 2 bulan ini setiap pagi hari ketika bangun tidur, setiap buang air kecil, urine saya sangat bau sekali, warnanya kecokelatan dan bau menyengat, setiap pagi selalu begitu sudah 2 bulan belakangan ini. Yang ingin saya tanyakan, apakah ini ada pertanda ada penyakit di dalam tubuh saya? Selama ini saya tidak merasakan sesuatu yang aneh pada tubuh saya. Mohon penjelasannya Dokter. Sekian dan terimakasih.

Hesty Rika (Wanita 28 tahun)
hesty.rikaXXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 155 cm, berat badan 52 kg

Jawaban

Bu Rika Yth,

Secara umum produksi urine di malam hari berkurang dan bertambah pekat. Hal ini bisa berakibat kencing yang berbau dan kecokelatan. Disarankan untuk kencing pagi hari tersebut diperiksa, apabila tidak didapat kuman yang disertai tanda peradangan/infeksi, kepekatan kencing malam hari dapat dicoba dikurangi dengan menambah minum sepanjang hari, dan bila perlu di malam hari minum 1 gelas.

dr. M. Ayodhia Soebadi, SpU

No comments: