Monday, August 11, 2014

Luka Bekas Operasi Usus Buntu Bernanah dan Menganga, Apa Sebabnya?

Luka bekas operasi usus buntu bernanah dan terbuka, apa penyebabnya dan gimana solusinya Dok? Memang tidak sakit tapi apakah luka bisa terus membesar? Terimakasih

24bibe (Pria lajang, 24 tahun)
habibzilaXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Dear Habibzila yang baik hatinya, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Kami turut mendoakan agar saudara Habibzila segera diberiNya kesembuhan, kesehatan, dan kebugaran. Amin.

Langsung saja kita menuju ke pokok permasalahan, ya.

Luka bekas operasi usus buntu bernanah dan terbuka itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya: adanya infeksi atau kontaminasi dengan bakteri, virus, atau jamur, penurunan daya tahan tubuh, reaksi dari sistim imun tubuh di dalam melawan patogen/bibit penyakit, keberadaan infeksi/penyakit/gangguan penyerta atau komorbiditas, pola makan/diet dan aktivitas, mobilitas, keteraturan minum obat, dsb. Beragam faktor inilah yang memengaruhi luka, termasuk cepat-tidaknya mengering, membesar, membuka, menutup, dsb.

Solusinya, bersihkan luka/nanah dengan antiseptik, memakan makanan-minuman yang bergizi, diet yang tepat, hindari bergerak atau beraktivitas terlalu banyak (kecuali kalau memang diperbolehkan dokter untuk banyak bergerak), hindari stres/lembur, hindari bertindak tergesa-gesa atau terburu-buru, berpikir positif, berpola hidup teratur dan seimbang, berdoa serta senantiasa meningkatkan kualitas spiritualitas.

Yang paling bijaksana adalah segera berkonsultasi ke dokter yang mengoperasi, mematuhi saran dan nasihatnya, dan meminum obat yang direkomendasikan dokter secara teratur.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Dito Anurogo

No comments: