Monday, August 18, 2014

Makanan Bergizi untuk Balita yang Alergi Produk Susu

Anak saya cowok, 1,5 tahun, berat badan 9,7 kg, tinggi 82 cm. Dia alergi susu sapi. Sekarang minum susu soya. Tapi tidak suka. Makanan apa yang baik diberikan? Agar berat badannya bisa naik dan gizinya tidak kurang. Mengingat dia tidak suka susu, maka tidak bisa mengonsumsi produk sapi dan turunannya. Camilan apa yang bisa saya berikan? Terimakasih sebelumnya.

Berlia (Perempuan menikah, 32 tahun)
berliaXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 169 cm, berat badan 67 kg

Jawaban

Halo Ibu Berlia,

Penderita Cows Milk Protein Allergy (CMP allergy) biasanya yang paling berisko adalah pemenuhan calciumnya. Kalau di Australia, selain susu soya juga ada susu beras (rice milk), almond milk dan juga oats milk. Jika produk-produk tersebut belum ada di Indonesia, boleh Ibu coba buat sendiri di rumah dengan cara seperti membuat susu soya.

Selain susu soya, sumber nabati kalsium yang baik adalah tahu/tempe, almond, brazil nuts dan biji sesame. Sumber hewani yang baik juga adalah ikan teri, ikan sarden (ikan-ikan yang dimakan bersama dengan tulangnya).

Kalau boleh saya anjurkan untuk membedakan antara CMP alergi dan lactose intolerance. Kalau CMP alergi biasanya tandanya lebih cepat dan signifikan seperti gatal-gatal, sesak napas, bibir bengkak bahkan jika hanya tersentuh (tidak diminum). Lain dengan lactose intolerance dimana reaksinya relatif lebih 'aman' setelah konsumsi (harus dikonsumsi dulu baru ada reaksinya), yaitu perut kembung, diare/konstipasi, pusing, mual (lebih ke arah pencernaan).

Penderita lactose intolerance lebih luas pilihannya karena masih dapat mengkonsumsi yoghurt murni.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: