Pages

Saturday, August 23, 2014

Warna Urine Keruh dan Hasil Lab Protein +1, Benarkah Gangguan Ginjal?

Saya kemarin baru saja medical check up, termasuk di dalamnya cek urine rutin. Setelah dilihat hasilnya, untuk protein tulisannya +1 dan untuk warna agak keruh. Padahal seharusnya negatif dan jernih. Itu kenapa ya Dok? Saya sempat cari informasi di internet kemungkinan ada masalah dengan ginjal. Tapi perawat di rumah sakit hanya menganjurkan saya untuk minum air putih yang banyak, hasil tes pun tak merekomendasikan saya untuk cek ke dokter penyakit dalam. Apa benar kondisi tersebut karena saya kurang minum? Atau karena ada masalah di ginjal? Apa yang sebaiknya saya lakukan? Terimakasih Dok.

Anti (Wanita lajang, 22 tahun)
antiXXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 51 kg

Jawaban

Dear Anti,

Adanya kadar protein (+1) dalam urin atau disebut proteinuria, tidak bisa dianggap hal yang biasa karena tidak ditemukan kebocoran protein dalam urin pada kondisi sehat. Kebocoran protein dalam urin dapat disebabkan berbagai hal (umumnya karena gangguan ginjal), seperti pada kondisi transient proteinuria (sesaat), familial proteinuria (kelainan reseptor ginjal), gagal ginjal, aktivitas berat, infeksi saluran kemih, dan yang lainnya, bukan karena kurang minum. Saran saya, konsultasi ke spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan konfirmasi lebih lanjut.

Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes

No comments: