Pages

Sunday, October 19, 2014

Anus Terasa Mengganjal Setelah BAB, Bagaimana Solusinya?

Begini Dokter, saya sudah satu minggu mengalami gejala seperti ada yang mengganjal di anus saya. Awalnya begini, saya menderita sembelit atau susah BAB, lalu saya coba mengejan, memang feses bisa keluar tapi setelah itu di anus saya seperti ada yang mengganjal. Pertanyaan saya apakah itu gejala wasir? Tapi pada saat BAB tidak keluar darah, hanya saja terasa ada yang mengganjal. Dan solusi apa yang harus saya lakukan? Terimakasih, dokter Dito atas penjelasannya.

Ardhieyanto (Pria lajang, 18 tahun)
ardhieyanto21XXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 177 cm, berat badan 67 kg

Jawaban

Dear saudara Ardhieyanto yang baik hatinya, terimakasih atas kepercayaanya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke pokok problematika.

Sensasi BAB yang terasa mengganjal di anus belum pasti wasir/ambeien. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter secara langsung, mengingat tipe wasir ada yang interna, dan ada pula yang eksterna. Bila diperlukan dan tersedia fasilitas, maka dokter dapat melakukan pemeriksaan dengan anuskopi.

Adapun solusi untuk susah BAB (sembelit): perbanyak konsumsi makanan berserat dan minuman (terutama air putih, minimal dua liter per hari), perbanyak konsumsi buah dan sayuran (dianjurkan jus), hindari terlalu lama duduk, rutin dan teratur di dalam berolahraga, minimal 30 menit setiap pagi/sore hari. Berpola hidup 4S: sehat, seimbang, serasi, dan selaras.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

No comments: