Sunday, October 19, 2014

Cara Jalankan Program Body Building yang Baik dan Benar

aya mau bertanya seputar program pembentukan badan. Saya sudah berolahraga secara rutin 4 kali seminggu tetapi berat badan saya tak kunjung ideal, bagaimana program body building yang benar? Terimakasih.

Kurniawan (Pria lajang, 21 tahun)
johnmyung.myungXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 179 cm, berat badan 90 kg

Jawaban

Sebelum memulai suatu program pembentukkan tubuh sebaiknya Kurniawan mengetahui dengan jelas komposisi lemak tubuh yang ada. Dengan demikian program latihan dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh saat itu. Hal lainnya adalah tentang keberhasilan suatu program penurunan berat badan yang baik tersebut tidak akan diperoleh dalam waktu singkat melainkan membutuhkan waktu yang lama.

Keberhasilan juga tidak hanya diukur dari berapa kilogram yang hilang namun berapa banyak lemak tubuh yang berkurang. Dengan demikian jelas penurunan berat badan yang berasal dari lemak tak akan terjadi dengan cepat.

Lebih baik fokuskan diri pada tujuan dari program latihan yang dilakukan. Bilamana yang menjadi tujuan utama adalah penurunan berat badan maka hasilnya adalah penurunan jumlah lemak di dalam tubuh sedangkan bentuk tubuh yang bagus adalah target berikutnya.

dr. Michael Triangto, SpKO

No comments: