Wednesday, October 29, 2014

Dada Terasa Tertimpa Beban Berat, Gejala Apa?

Assalamualaikum Dokter, saya Echa, umur 14 tahun. Sekitar dua bulan lalu saya merasakan sesak dan sakit di dada dan setelah saya periksa ke dokter, dia bilang saya asma. Namun akhir-akhir ini sakit yang dirasakan bertambah, antara lain pundak sakit dan pegal, terasa nyut-nyutan dan nyeri punggung bagian atas, kepala bagian bawah dan leher belakang terasa sakit.

Sakit di dada atau jantung semakin menjadi seperti tiba-tiba tertimpa beban berat yang sedikit menjalar ke tangan namun tak begitu sakit dan sering, dan saya tetap merasakan sesak. Itu kenapa dan gejala apa ya Dok? Apa saya punya penyakit lain selain asma? Terimakasih, wassalam.

Echa Nabila (Wanita lajang, 14 tahun)
echanabilakXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 155 Tahun, berat badan 49 kg

Jawaban

Dear Nona Echa Nabila yang dirahmati Allah SWT, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke pokok permasalahan, ya.

Sesak nafas karena asma terkadang disertai nyeri di otot bantu pernafasan. Misalnya otot di pundak bagian atas, leher bagian belakang, otot kepala bagian bawah. Pada sakit asma intake (masukan) oksigen ke paru-paru menjadi berkurang akibat hambatan jalan masuk oksigen ke paru-paru. Hal ini sering menyebabkan rasa nyeri di dada. Jantung mencoba mengompensasi dengan melakukan denyutan yang lebih cepat. Akibatnya dada seperti berdegup keras, terasa nyeri, dan terkadang dijalarkan ke lengan kiri, mirip nyeri dada pada serangan jantung.

Dengan pemberian oksigen yang cukup ditambah obat untuk melancarkan udara pernafasan biasanya akan membaik dengan sendirinya.

Kami merekoemndasikan agar Nona Echa segera memeriksakan diri ke dokter sebelumnya, sampaikan keluhan tambahan yang dirasakan, agar dokter lebih memperhatikan lagi keluhan Nona Echa. Sebab setiap keluhan sebenarnya merupakan alat bantu menuju diagnosis yang lebih tepat sasaran.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

No comments: