Saturday, November 8, 2014

Istri yang Mual dan Muntah Setelah Sebulan Menikah, Tanda Hamil?

Dokter Andri, ada yang ingin saya tanyakan. Saya baru menikah 1 bulan lalu, lalu istri saya sudah merasakan mual-mual. Apakah istri saya hamil? Apakah berhubungan badan tiap malam mempunyai efek samping? Mohon jawabannya ya Dok. Terimakasih.

Mirza (Laki-laki menikah, 26 tahun)
mirza_manXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 51 kg

Jawaban

Anda baru menikah sebulan yang lalu, selamat atas pernikahan Anda dan istri. Saat ini istri merasa mual-mual ada 2 kemungkinan: ia hamil atau mengalami sakit lambung (gastritis). Hamil bisa saja terjadi, bila saat 'malam pertama', istri sedang dalam periode subur, yaitu saat timbulnya ovulasi (keluarnya sel telur ke dalam saluran tuba dalam rahim). Untuk memastikan kehamilan, lakukan testpack air seni (urine)-nya.

Bila hasilnya negatif, kemungkinan ia mengidap penyakit lambung atau penyakit lain dengan gejala mual. Untuk memastikannya, dianjurkan Anda membawa istri ke dokter keluarga agar pengobatan yang tepat dapat segera diberikan. ML tiap malam tidak ada efek samping, selama dilakukan saat kondisi tubuh bugar serta atas kehendak bersama.

Dr. Andri Wanananda MS

2 comments:

guhden said...

Mlm.dok nama saya tya
Mau.nanya dok sayakan baru.nikah bulan 10 kemarin.trus saya nikah lagi mens tgl.17-20 nikahnya tgl.18 selama.saya mens kita loem.berhubungan
Trus bulan 11 nya kok saya udah mens lagi yah dok tgl.7 maju nya deket bagt sehabis mens bulan 10.
Apa itu ada gangguan gak dok?
Tolong dijwb yah.dok

Anonymous said...

Beberapa kasus siklus haid menstruasi yang pendek ada yang bersifat sementara saja dan biasanya akan hilang dengan snedirinya. Namun sebaiknya lakukanlah pemeriksaan jika hal ini terus berlangsung.