Pages

Sunday, December 21, 2014

Gatal-gatal pada Kulit Badan, Bagaimana Mengatasinya?

Dok, dalam 2 minggu ini kulit badan saya gatal-gatal. Di jari tangan saya ada bintik-bintik berisi air terus dalam 3 hari ini timbul benjolan merah di ujung penis saya. Kadang-kadang gatal. Apa penyakitnya itu Dok? Saya hanya ML dengan istri saya. Tolong bantu bagaimana cara mengatasi penyakit saya Dok? Terimakasih.

Viezal (Laki-laki menikah, 24 tahun)
rizalhanafi4XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 166 cm, berat badan 68 kg

Jawaban

Salam Viezal,

Dari gambar yang dikirimkan ada kemungkinan gatal di kemaluan dan di telapak tangan berhubungan. Gambar yang dikirimkan lebih mengarah ke penyakit scabies, yaitu infeksi parasit yang menular akibat sentuhan atau menggunakan alat yang sama.

Ciri-ciri penyakit ini adalah gatal lebih hebat di malam hari atau menjelang subuh dan biasanya ada anggota keluarga lain atau sekitar yang menderita penyakit serupa.

Beberapa obat bebas yang mengandung belerang dapat dipakai, namun pengobatan harus serentak dengan anggota keluarga lain supaya tuntas.

dr. Eddy Karta, SpKK

1 comment:

Unknown said...

Selamat malam. Dok, ibu saya punya keluhan gatal-gatal merah-merah pada seluruh tubuh udah beberapa bulan nggak sembuh-sembuh dok, padahal udah dibawa ke dokter spesialis kulit dan alhasil ngga sembuh. Udah pake obat ini itu tapi ngga ada hasilnya dok malah tambah gatal-gatalnya dok :'( kira-kira itu penyakit jenis apa yah dok, kok sampe nnggak bisa sembuh? terus menurut dokter harus diobati pake apa biar cepet sembuh ibu saya dok?? Tolong infonya yah dokter secepatnya :'(