Pages

Monday, June 8, 2015

Hipertensi dan Kolesterol Tinggi, Berpengaruhkah Terhadap Jantung?

Saya memiliki history hypertension dan sekarang saya mengonsumsi HCT 1x1 dan Captropil 25mg 2x setengah per hari. Namun saya juga memiliki cholesterol tinggi yakni: Total cholesterol 5.2, trigiserida: 4.2, LDL: 0.7 dan HDL 26 dari catatan ini. Apakah memiliki pengaruh terhadap jantung saya?

Acataraleu (Pria, 40 tahun)
chailor.ratuXXXXX@gmail.com
Tinggi 175, berat 72

Jawaban

Dear Acataraleu,

Dari pemaparan Anda, saya membutuhkan data lebih lanjut yang hanya bisa dievaluasi saat konsultasi untuk mengevaluasi risiko penyakit jantung Anda. Namun berdasarkan data yang ada, dengan usia 39 tahun, status berat badan overweight (Indeks Massa Tubuh: 23,5 kg/m2), terdapat hipertensi dan gangguan kolesterol, maka ada memiliki risiko penyakit jantung koroner.

Tentu diperlukan konsultasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut untuk dapat menilai risiko penyakit jantung lebih jelas.

Saran saya, Anda dapat konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes

No comments: