Pages

Tuesday, February 14, 2017

Batuk, Bisakah Menyebar ke Penyakit Lain?

Halo Dok, saya mau tanya. Saya mengalami batuk sudah 1 bulan lamanya. Waktu itu pernah saya mengalami batuk berdarah, cuma tiap pagi waktu bangun tidur saja. Waktu bangun tidur itu tenggorokan saya terasa amat gatal dan kering yang membuat saya jadi batuk keras, setelah batuk itu, dahak saya ada keluar darah, namun hanya 3 sampai 4 kali saja setelah itu warna dahak saya putih lagi.

Waktu itu saya coba berobat ke dokter paru dan rontgen, di hasil rontgen ditulis kesan suspect TB paru, tetapi setelah ditanya keluhan oleh dokter dan melihat foto rontgen, saya dibilang tidak ada indikasi TB paru, dan saya ditanya, apa saya merokok, saya jawab iya, dokternya bilang saya untuk berhenti merokok dan alhamdulilah batuk keras yang menjadi jadi tiap pagi bangun tidur dan selalu keluar darah sedikit sudah tidak ada lagi.

Tapi sampai sekarang batuknya masih belum sembuh Dok, terkadang jika ada rasa gatal di tenggorokan pasti batuk walau hanya batuk kecil sesekali, dan waktu itu saya pernah makan goreng dan pedas, tenggorokan saya sangat perih dan sakit seperti luka terkena cabe dan batuk saya semakin menjadi setelah makan goreng dan pedas itu Dok. Terakhir dokter paru bilang, saya bronkitis akut dan saya juga pergi ke dokter THT, katanya faringitis kronis.

Yang jadi pertanyaan, apakah dari kedua itu yang membuat batuk menjadi lama Dok walau hanya batuk sesekali? Apakah penyakit itu berbahaya dan dapat disembuhkan dan apa juga menular Dok? Saya juga sudah berhenti merokok selama 1 bulan itu Dok, didahak sewaktu batuk atau mendehem dahaknya saya lihat ada bercak bercak kotor seperti kotoran gitu Dok setelah 2 minggu saya berhenti merokok. Mohon penjelasannya Dok. Terimakasih.

Febri (Laki-laki, 28 tahun)

Jawaban

Bung Febri yang budiman,

Terimakasih telah bertanya dan saya bisa memahami kebingungan yang terjadi karena hasil foto rontgen dan penjelasan dokter yang berbeda, namun gejala batuk darah yang bung Febri alami lebih kepada iritasi saluran nafas yang menyebabkan perlukaan dinding saluran nafas sehingga menyebabkan perdarahan. TB paru biasanya diikuti oleh gejala lain seperti demam dan penurunan berat badan yang bermakna dan batuk kronik lebih dari 3 minggu. Dan sifatnya menular.

Untuk lebih meyakinkan hendaknya mas Febri memeriksa apakah ada kuman TB di dahak yaitu pemeriksaan BTA (Bakteri Tahan Asam) dan bila positif berarti benar TB paru. Bronkitis, Faringitis itu adalah iritasi (inflamasi saluran nafas). Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi makanan berminyak dan banyak minum air putih akan membantu pemulihan. Demikian yang saya bisa jawab menanggapi keluhan bung Febri.

dr Frans Abednego Barus, SpP

No comments: