Pages

Thursday, June 15, 2017

Muntah Saat Minum Anti Alergi, Efek Samping atau Penyakit Lain?

Sudah sekitar 3 hari ini perut saya merasa mual dan akhirnya saya sempat muntah. Badan saya sempat panas dan muntahan saya berwarna hijau. Memang beberapa hari ini saya sedang meminum obat alergi. Apakah rasa mual dan muntah yang terjadi dikarenakan adanya efek samping dari obat atau karena penyakit lain yang saya tidak ketahui? Terimakasih sebelumnya.

Brenda (Perempuan, 14 tahun)

JAWABAN

Terima kasih atas pertanyaanya. Mual, muntah, dan demam kemungkinan adalah manifestasi dari penyakit infeksi didaerah saluran cerna atas.

Muntah berwarna kehijauan kemungkinan berasal dari campuran cairan empedu yang berbalik ke arah lambung karena adanya suatu sumbatan di usus halus atau dari warna makanan/minuman yang kita konsumsi. Sayangnya saya tidak mendapatkan informasi obat alergi apa yang dikonsumsi saat ini.

Sama seperti obat lainnya obat anti-alergi memiliki potensi efek samping, yang umumnya menyebabkan kantuk, mulut kering, pusing, nyeri perut, susah buang air kecil, dan penglihatan kabur.

Sebaiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter setempat agar dapat ditelusuri lebih lanjut apakah penyebab muntah hijau yang anda keluhkan melalu pemeriksaan-pemeriksaan penunjang.

Terima kasih, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr. Kevin William Hutomo

No comments: