Pages

Friday, July 14, 2017

Flek Paru, Mungkinkah Kambuh Kembali?

Jadi begini Dok, saya dulu waktu masih SD kelas 2 pernah terdiagnosa kena penyakit flek (paru paru kotor). Saya berobat selama 9 bulan full minum obat berwarna merah setiap hari sebelum makan apapun. Selama pengobatan saya benar-benar mentaati makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Setelah 9 bulan paru-paru saya dinyatakan bersih. Kemudian saya kembali jajan sembarangan lagi Dok. Nah setelah saya kuliah jika saya batuk itu sangat lama proses penyembuhannya bisa satu bulan lebih, yang lebih parahnya setiap saya sedang sakit batuk, makanan apapun yang lewat tenggorokan saya langsung merasa gatal sekali, bahkan nasi pun seperti itu, hanya air putih saja yang bikin tenggorokan saya tidak kenapa-kenapa.

Dulu saya pernah dibilang kalau batuk saya itu karena alergi. Saya bingung apakah masih ada efek penyakit yang dulu ya Dok? Atau ada penyakit lain? Terimakasih sebelumnya Dok.

Selvina (perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Salam Mba Selvina,

Terimakasih untuk pertanyaannya. Riwayat penyakit Mba Selvina sewaktu SD adalah TB paru dan telah berobat tuntas.

Satu hal adalah bisa terjadi reaktivasi atau kekambuhan penyakit ini bila kita kurang memperhatikan daya tahan (imuniti) tubuh kita. Pola makan termasuk salah satu upaya kita menjaga daya tahan. Batuk yang saat ini terjadi hendaknya diklarifikasi dulu apakah ada kekambuhan atau tidak dan bila kambuh harus menjadi pengobatan kembali 6-9 bulan.

Menjaga daya tahan tubuh mutlak diperlukan untuk mencegah kekambuhan TB. Kemungkinan alergi (hipersensitivitas) saluran nafas bisa saja terjadi namun buktikan dulu apakah ada kekambuhan atau tidak.

dr Frans Abednego Barus, SpP

No comments: