Pages

Wednesday, December 20, 2017

Keluar Darah Saat BAB, Gejala Wasir?

Saya mau bertanya Dok, saya tadi ketika BAB mengeluarkan darah segar, itu pertama kali yang terjadi. Saya ada riwayat hidup penyakit gastritis Dok, kemarin sewaktu dirawat analisisnya berubah menjadi epigastric.

Pagi ini saya BAB, waktu saya ngeden BABnya keluar bersamaan dengan sedikit darah segar, ini baru pertama kali terjadi, apakah itu bahaya? Penyakit apa yang saya alami ini?

Jawaban:


Terima kasih atas pertanyaannya. Sekilas dari keluhan yang Anda keluhkan kemungkinan besar Anda menderita wasir (hemorrhoid). Ini merupakan suatu benjolan di daerah anus yang di dalamnya terdapat pembuluh darah sehingga saat anda mengejan saat BAB. Dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan darah segar ikut keluar bersamaan dengan kotoran.

Saran saya agar Anda segera memeriksakan diri anda kepada dokter di sekitar Anda untuk dilakukan penilaian seberapa parah wasir yang saat ini sedang Anda alami. Kebanyakan hemorrhoid adalah penyakit ringan, namun bila benjolan semakin besar gejala dan keluhan yang Anda rasakan dapat semakin banyak. Oleh karena itu segera periksakan diri ke dokter.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo

No comments: