Pages

Wednesday, November 22, 2017

Punya Pengalaman 'Kelam', Adakah Pengaruh ke Organ Reproduksi?

Saya seorang dengan masa lalu yang kelam di mana menjadi korban pencabulan. Yang ingin saya tanyakan apakah akan ada masalah dengan organ reproduksi saya saat saya menikah kelak? Karena dua bulan lagi saya akan menikah dengan pilihan orang tua saya dan takut mengecewakannya. Perihal masa lalu saya, itu terjadi saat saya berumur delapan tahun. Mohon pencerahannya Dok.

R, Perempuan 29 tahun

Jawaban

Diharapkan Anda bisa menatap ke muka, enyahkan pengalaman kelam masa lalu. Dapat dipastikan tidak akan terganggu organ reproduksi Anda secara fisik. Akan terganggu fungsinya bila secara psikis pengalaman masa lalu tidak Anda hapus dari "mindset". (Let it go !!! )

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: