Pages

Monday, April 13, 2009

Sering Nyeri Punggung Karena Pernah Dibius Tulang Belakang

Dok, saya sering merasa nyeri di tulang bagian tengah punggung hingga bagian pinggang. Rasa nyeri ini sudah setahun lebih saya rasakan. Dua tahun yang lalu saya pernah menjalani operasi caesar, saya dibius melalui tulang di belakang punggung saya. Apakah itu penyebabnya sehingga saya merasakan nyeri sampai sekarang? Terimakasih dokter atas jawabannya, saya tunggu.

Linda (Perempuan Menikah, 27 Tahun), veronica.lie18@yahoo.com
Tinggi Badan 145 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Nyeri punggung paska operasi memang banyak penyebabnya, terutama untuk pasien dengan kehamilan.

Anestesi spinal yang biasa dilakukan untuk operasi sectio cesarea sebenarnya menggunakan jarum kecil yang mempunyai risiko sangat kecil untuk kejadian nyeri punggung paska tindakan anestesi spinal. Nyeri paska anestesi spinal kejadiannya pada umumnya tidak lebih dari 48 jam.

Anestesi spinal dilakukan dengan menyuntikkan ke ruang subarachnoid di sekitar tulang belakang, suntikan biasanya dilakukan di daerah panggul belakang. Teknik ini akan menyebabkan kedua kaki tidak merespon nyeri dan tidak dapat digerakkan untuk sementara waktu.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: