Pages

Sunday, April 12, 2009

Penanganan Kesehatan Secara Umum

Sakit kepala

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala yang timbul perlahan-lahan dan lenyap dalam beberapa jam, tanpa meninggalkan efek apapun. Sakit kepala seperti ini bukanlah merupakan gejala suatu kelainan, dan biasanya disebabkan oleh tekanan, keletihan, pemakaian alkohol berlebihan, atau lama didalam lingkungan yang penuh asap rokok. Tetapi, suatu sakit kepala yang berat, berlangsung lebih dari 24 jam, atau terjadi berulang kali dalam 1 minggu, perlu mendapatkan perhatian dokter.

Pusing

Puyeng adalah perasaan seolah segala sesuatu di sekeliling Anda berputar, seperti yang biasa kita alami setelah naik komidi putar. Tapi bila hal itu terjadi tanpa sebab jelas, mungkin merupakan suatu gejala dari suatu penyimpangan yang tersembunyi dan perlu mendapatkan perhatian dokter.

Kebas dan kesemutan

Kebas dan kesemutan adalah wajar bila sedang kedinginan atau duduk dengan posisi yang tidak betul. Rasanya seperti tertusuk-tusuk jarum, yang bisa terasa disemua bagian tubuh. Perasaan ini akan, menghilang segera setelah Anda bergerak. Kebas atau kesemutan yang tak jelas sebabnya, membutuhkan perawatan medis.

Buyutan dan gemetaran

Pelajari diagram ini jika Anda pernah mengalami suatu gerakan menyentak yang tidak terkontrol di bagian manapun tubuh Anda. Gerakan semacam itu meliputi sakit buyutan samapai ke gemetar atau sentakan-sentakan; misalnya di tangan, lengan, atau kepala. Dalam banyak hal gerakan-gerakan seperti itu tak perlu dicemaskan, hanya akibat kecapaian atau stress, atau bakat keturunan. Tetapi kadang-kadang hal itu disebabkan oleh berbagai masalah yang membutuhkan perawatan medis, seperti konsumsi alkohol berlebihan atau kelainan syaraf. Gerakan-gerakan tak terkontrol yang dibarengi dengan kelemahan dari bagian badan yang terserang perlu segera mendapat perhatian dokter. Mungkin diperlukan beberapa tes diagnostik.

Nyeri pada wajah

Pelajari diagram ini bila terasa nyeri atau tak enak didaerah tertentu diwajah dan/atau kening. Rasa nyeri pada wajah bisa berbentuk sengatan samar-samar, atau seperti tertusuk; dan biasanya disebabkan oleh infeksi atau peradangan jaringan yang letaknya tersembunyi dan, meskipun itu mengganggu, jarang merupakan suatu gejala kelainan yang serius.

No comments: