Pages

Tuesday, June 2, 2009

Kemudahahn Memelihara Kesehatan

Sembelit

Pola kegiatan usus setiap orang berbeda-beda; ada yang mengalami 1 atau lebih gerakan per hari, tetapi ada juga yang 4 atau 5 gerakan per hari. Variasi in iwajar bila memang biasanya seperti itu. Sembelit hanya timbul bila faeces mengeras dan nyeri atau sukar dikeluarkan, atau dilakukan lebih jarang dari biasanya.

Kotoran yang tidak normal

Umumnya, perubahan kecil pada warna, bentuk dan kepadatan kotoran Anda disebabkan oleh perubahan menu makanan atau kelainan sesaat dari sistem pencernaan. Tapi bila kotoran berwarna lebih gelap atau lebih terang dari biasanya atau bila disertai bercak darah, ini mungkin mengindikasikan suatu gangguan serius dan sebaiknya Anda periksakan ke dokter.

Masalah -masalah anus

Anus adalah suatu saluran pendek yang menghubungkan ujung saluran pencernaan (rektum) dengan lingkunan luar, yang tertutup otot berbentuk cincin (sphincters). Gangguan yang sering menyerang daerah ini adalah pembengkakan pembuluh darah disekitar anus (haemorrhoids, wasir). Ini biasanya berkaitan dengan sembelit yang menyakitkan.

Masalah buang air kecil

Pelajari diagram ini bila Anda mengalami perubahan pada pola kebiasaan buang air kecil Anda; misalnya lebih sering buang air kecil dalam sehari; atau bila Anda mengalami kesulitan memulai atau mengontrol aliaran air seni Anda.

Berdebar-debar

Palpitasi adalah istilah untuk menggambarkan debar jantung yang cepat, kuat atau tidak teratur seperti biasa. Adalah normal bila jantung berdetak lebih cepat disaat berolah raga berat dan debarnya mungkin masih terasa sampai beberapa menit sesudahnya. Hal semacam inin tidak perlu dikuatirkan. Pelajari diagram ini bila Anda mengalami palpitasi yang tidak berkaitan dengan kegiatan fisik. Pada hampir semua kasus palpitasi, hal semacam ini disebabkan oleh nikotin, kafein, atau gugup. Tapo kadang-kadang palpitasi juga menunjukkan gejala adanya sakit yang parah. Palpitasi yang timbul kembali setelah beberapa hari atau yang berhubungan dengan nyeri dan sesak nafa harus selalu mendapat perhatian dokter selekasnya.

1 comment:

tantan said...

dokter, sy erlan 36th bandung
tolong dokter,…sudah 2 bulan saya bab berlendir, ada wasir dalam dan keluar waktu bab, perut kembung, perut banyak gas dan keluar lendir sebelum bab, sy udah ke dr bedah umum ktnya wasir dalam dikasi obat anadium dan anusol, kemudian sy beobat ke dr internis di cek darah dan fases normal, munurut dokter penyebab selalu buang angin dan keluar lendir sebelum bab itu, karna wasir atau bakteri?, obat yg saya minum sekarang radium, enziform, dam obat untuk perut kembung…,klo penyakit sy belum sembuh sebaiknya menurut dokter gmn, dokter yg harus sy datangi dokter apa? dokter bedah umum atau dokter internis, makasih dokter