Pages

Wednesday, January 13, 2010

Apakah Sakit Kepala Itu Pertanda Kurang Oksigen?

Dok, saya sangat sering sekali mengalami sakit kepala yang berlebihan. Dalam arti, jika saya baru bangun tidur dan langsung bangun akan terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Dan apabila pada siang hari saya bersiap-siap ingin keluar (saya memakai jilbab) maka kepala saya akan terasa sakit.

Sangat mudah sekali kepala saya merasakan sakit dok. Saya pernah ke berobat dan kata dokter saya hanya mengalami kurang istirahat. Dan teman saya pernah mengatakan juga kalau saya kurang oksigen di dalam tubuh saya. Jadi sebenarnya sakit kepala saya ini kenapa ya dok? Terimakasih.

Aulia S (Perempuan Lajang, 24 Tahun), aulia@XXXX.co.id
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Nyeri kepala setelah bangun tidur dapat karena gangguan saat tidur (posisi tubuh), stres, karena alas tidur yang digunakan, kafein berlebih atau sinusitis.
Kejadian kekurangan oksigen saat tidur sangat dapat mengakibatkan sakit kepala saat bangun tidur. Kekurangan oksigen ini bisa disebabkan oleh posisi leher yang kurang baik atau karena sumbatan jalan nafas saat tidur, yang paling sering adalah diakibatkan oleh sumbatan oleh lidah. Sumbatan jalan nafas dapat ditandai dengan adanya suara mendengkur saat tidur, bisa juga tanpa tanda itu.

Sering sakit kepala juga bisa karena anemia sehingga suplai oksigen tidak maksimal ke seluruh tubuh termasuk bagian kepala. Ada baiknya diperiksakan ke dokter, apalagi jika sakit kepala tersebut terus-terusan terjadi. Obat-obatan sakit kepala mungkin hanya jadi penyembuh sementara maka perlu diketahui penyebab pastinya sehingga bisa dilakukan perawatan dengan tepat.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: